Hidup adalah Apa yang Kamu Jalani Hari Ini

Kemarin adalah Pelajaran dan Esok Adalah Sebuah Harapan.

Categories

Setelah Kau Menikahiku Part 5

Pilihan   yang   sulit:   Idan   atau   Pram?
Cerita   lalu:
Kita    tidak    bisa    bertemu    lagi    Pram,”    ujarku    kepada    Pram    di    telepon.
Separuh   jiwaku   ras   anya   terbang   dan   hilang   saat   kata-kata   itu   kuucapkan.
“Kenapa?   Idan   melarangmu?”
“Dia   tidak   tahu   apa-apa.”
“Kenapa   kau   terus   memikirkan   dia,   Ta.   Pikirkan   dirimu   sendiri.   Apa   kau
sudi   menghabiskan   hidupmu   dengan   orang   yang   tidak   kau   cintai,   sedangkan
denganku   kau   bisa   mendapatkan   semuanya?”
  
Kugigit   bibir   ku   saat   setetes   air   bergulir   di   pipiku.
“Ita,    akuilah.   Aku    menemukan    separuh    hatiku   kepadamu    dan    hidupmu    baru
akan   lengkap    denganku.   Selama   ini,    aku   sendirian    dan   kau   dengan    Idan,
hidup    kita    hanya    mimpi,    cacat,    timpang.    Dan    kita    baru    akan    memulai
hidup,   setelah   kita   bersama.   Saat   ini   kau   tidak   punya   apa-apa,   Ta,   tidak
juga   masa   depan,   tapi   berdua,   kita   akan   miliki   segalanya   ….”
“Hentikan,”   potongku   dengan   suara   bergetar.
“Kalau    kau    minta    aku    untuk    berhenti    berusaha    mendapatkanmu    lagi,    kau
hanya    buang-buang    waktu    dan    tenaga.    Kau    tahu    aku    tidak    semudah    itu
disuruh   mundur.   Ini   menyangkut   sisa   hidupku   dan   hidupmu.   Tidak   ada   yang
lebih   penting   dari    itu   dan   aku   tidak   akan   berhenti    sampai   kau   kembali
denganku.”
“Aku   tidak   bisa   ….”
“Kenapa   tidak?”
Ya,    kenapa    tidak.    Pernikahan    ini    hanya    sebuah    permainan.    Menyenangkan
memang.    Tapi   tetap    hanya    sekadar    sandiwara.   Tapi    kenapa    rasanya    berat
sekali   memutuskannya?
“Kau   tidak   mencintai   Idan,   Ta.   Kau   berbeda   dengannya,   jadi   bukan
kesalahanmu    kalau    kau    tidak    bisa    mencintainya.    Satu-satunya    perasaan
yang    layak    kau    simpan    untuknya    cuma   iba,    karena    ia    tidak    akan    pernah
bisa   mendapatkan   hatimu   dan   ia   akan   selamanya   menikah   dengan   perempuan
yang   mencintai   lelaki   lain.”
“Aku   ….”
“Akuilah,   Ta,   kau   mencintaiku.   Kebersamaan   kita   adalah   takdir.”
Kututup    mikrofon    dengan    tanganku    dan    menghela    napas    panjang.    Seluruh
tubuhku    rasanya   terbakar    dan    lunglai    dan   dunia    seperti    berputar    makin
cepat.   Kupejamkan   mataku.
“Aku   tidak   mencintaimu,”   gumamku.
“Lebih   keras   lagi.”
“Aku   tidak   mencintaimu.”
“Kau   berbohong.”
Lama   sekali   aku   terdiam   sebelum   akhirnya   sanggup   mengucapkan,   ”Ya.”
“Ita,”   suara   Pram   gemetar.   “Aku   berjanji   untuk   selalu   membuatmu   bahagia”
ku   tahu    sejak   awal   bahwa    permainanku   dengan    Idan   akan   berakhir,    cepat
atau    lambat.   Tapi    hatiku    tetap    enggan   berdamai    dengan    kenyataan    bahwa
aku   harus   bicara   padanya   tentang   perpisahan.   Aku   sadar   bahwa   Idan
sendiri   tidak   berhak   dan   tidak   mungkin   menghentikanku.   Bahkan,   mungkin
ia    akan    merasa    lega    dengan    keputusanku    itu,    karena    akhirnya    ia    bisa
membenahi   hidupnya   sendiri   lagi.   Mustahil   ia   akan   menolak   berpisah
denganku.   Apalagi,    aku   juga   tahu    ia   sangat    menyayangiku   dan   ingin    aku
bahagia.   Dan   aku   tahu,   keputusan   untuk   kembali   kepada   Pram   adalah   yang
terbaik   untukku   dan   masa   depanku,   sesuatu   yang   pasti   akan   didukung   oleh

Idan.   Aku    yakin   keputusanku   itu    tidak   merugikan    siapa   pun.   Kenapa    aku
harus   segan   menyampaikannya   pada   Idan?
Mula-mula    aku   berjanji    kepada    diriku    sendiri   untuk    mencari    waktu    yang
tepat.   Tapi   saat   itu   tak   pernah   datang.   Setiap   kali,   aku   dilanda
keraguan   dan   akhirnya   membatalkan   niatku.   Pram   tidak   bisa   mengerti   itu.
“Aku   ingin   kita   menikah   sebelum   aku   kembali   ke   Jerman,   Ta.   Dan   kau   harus
menempuh    masa    idahmu    dulu.    Belum    lagi    kita    harus    memikirkan    pendapat
orang    lain    yang    pasti    berkomentar    kalau    kau    menikah    denganku    segera
setelah   masa   idahmu   selesai.   Dan   aku   hanya   di   sini   sepuluh   bulan   lagi.”
“Aku   tahu.   Aku   juga   berpikir   begitu.   Tapi      Entahlah.”
“Apa   kau   tidak   yakin   aku   akan   membuatmu   bahagia?”
“Aku   ….”   aku   tergagap   dan   menggeleng.<   BR>
“Jadi,   bicaralah   dengan   Idan.”
Sore   itu,   aku   pulang   dengan   hati   berat.   Aku   sudah   bertekad   untuk   bicara
dengan   Idan   malam   itu   juga.   Aku   tak   akan   menundanya   lagi.
Begitu   aku   tiba   di   rumah,   Idan   sudah   menungguku   di   teras.   Matanya
berbinar   dan   wajahnya   berseri   saat   aku   mendekati   teras,   hingga   aku   jadi
berpikir,   ada   apa   sebenarnya.
“Kenapa   kau   sudah   di   rumah?”   tanyaku.
Idan   menyilangkan   telunjuknya   di   depan   bibir   dan   menggandeng   tanganku   ke
dalam   rumah.
“Ada   apa?”
“Sst!”
Ia      membawaku       ke      serambi       samping.      Dengan       bangga      dikembangkannya
tangannya.
Di   sana   ada   sebuah   ayunan   rotan   berwarna   putih,   cukup   lebar   untuk   tiga
orang,   dengan    bantal-bantal   yang   kelihatan    sangat   mengundang,   berwarna
hijau   dengan   gambar      mawar   putih?
“Ini   hadiah   ulang   tahun   pertama   perkawinan   kita,”   katanya.
Mataku   beralih   cepat   dari   ayunan   rotan   itu.   Wajah   Idan   benar-benar
sumringah.   Di   matanya   ada   sekelumit   keheranan   melihat   wajahku   yang   pasti
telah   berubah   warna.
“Aku      aku   tidak   punya   hadiah   apa-apa,”   gumamku   sambil   kembali   menatap
ayunan   itu,   menyembunyikan   kalutku.   “Aku   lupa   ….”
Idan   tertawa.   “Kau   bahkan   tidak   ingat   ulang   tahunmu   sendiri,”   katanya.
Ia   duduk   di   ayunan   itu.   “Ayo,”   katanya   sambil   menarik   tanganku.
Aku   duduk   di   sampingnya,   tak   tahu   mesti   mengatakan   apa.   Aku   benar-benar
tidak   ingat   bahwa   setahun   lalu   hari   itu,   aku   dan   Idan   menikah,   simulasi.
Kenapa   Idan   harus   menganggap   hari   itu   demikian   istimewa   sementara   aku
sendiri   sama   sekali   tak   mengingatnya?

Idan    mulai    berayun-ayun    pelan    sambil    menggenggam    tanganku.    Ia    sedang
menceritakan   sebuah   kejadian   lucu   di   kantornya,   tapi   aku   sama   sekali   tak
mendengarkan.   Di   kepalaku   berdenging   ribuan   kata-kata   yang   akan   segera
kuucapkan    padanya.    Aku    telah    berlatih    dalam    hati    untuk    mengutarakan
segalanya,    tegas    dan    jelas.    Tapi    sekarang,    semua    ketetapan    hati    yang
telah   kubangun   runtuh   berserpihan.
“Pit,   kau   tidak   menyimak   kata-kata   Pak   Guru,   anak   nakal,”   teguran   Idan
membuyarkan   renunganku.   “Ada   apa?”
Kutatap   matanya.   “Dan,   Pram   pulang.”
Dahinya   berkerut.   “Pram?”
“Pacarku   yang   pergi   ke   Jerman.”
“Oh,”   ia   mengangguk.   “Kapan?”
“Sebulan   lalu,   waktu   aku   ulang   tahun.”
Ia   mengangguk   lagi.   Aku   tak   bisa   mengucapkan   apa-apa   setelah   itu.
“Dia   sudah   menikah?”   tanya   Idan,   seperti   mendorongku   bicara.
Aku   menggeleng.
“Lalu?”
“Dia     ingin     menikah     denganku,”     ujarku     cepat-cepat,     tanpa     memandang
wajahnya.   “Ia   hanya    di   sini   sepuluh   bulan   lagi.   Karena    itu,   aku   ingin
kita   segera   bercerai.”
“Oh.”
Idan   tak   mengatakan   apapun   selama   beberapa   saat.   Pertanyaan   berikutnya
ia     ajukan     dengan     ringan,     seolah-olah     sambil     lalu,     ”Kau     yakin      ia
mencintaimu?”
Aku   mengangguk.
“Kau   yakin   akan   bahagia   dengannya?”
Sekali   lagi   aku   hanya   mengangguk.
“Kalau     begitu,     selamat,”     ketulusannya     terdengar     hangat.     “Aku     ikut
bahagia.”
Kuberanikan   diri   untuk   menatap   wajahnya.   Dan   aku   tidak   menemukan   setitik
pun   kekecewaan   di   sana.   Rasa   lega   meruahi   hatiku.
Idan    bertanya    beberapa    hal    tentang    Pram    dan    semuanya    kujawab    dengan
antusiasme   gadis   belasan   tahun   yang   mabuk   asmara.   Tapi   setelah   beberapa
waktu,   aku   sadar   kalau   ia   tidak   sungguh-sungguh   memperhatikan   ceritaku.
“Dan?”   tegurku.
“Ya?” 
“Kau   tidak   mendengarkan.   Apa   yang   sedang   kau   pikirkan?”
“Aku   sedang   berpikir,   gadis   mana   yang   bisa   kuajak   selingkuh,   supaya   kau
punya   alasan   untuk   bercerai   denganku.”
Malam   itu   aku   terbangun   saat   Idan   mengguncang   bahuku.   “Pit,   bangun!”
“Ada   apa?”   gumamku   .   Jam   alarm   di   sisi   ranjangku   baru   menunjukkan   pukul
tiga   lima   belas   dini   hari.
“Ganti   baju   cepat,   kita   mesti   ke   rumah   sekarang.   Mama   meninggal.”
Aku   terlonjak   duduk.   “Apa?”
   Ganti   baju,”   perintah   Idan   sambil   meninggalkan   kamarku.
Aku   terpaku   sejenak   sebelum   akhirnya   lari   mengejar.   “Kapan.”
   Baru   saja.”
“Di?”
“Rumah.   Ganti   bajumu.   Kita   berangkat   lima   menit   lagi.”
“Idan   ….”
Ia   membanting   pintu   kamar   di   depanku.
Aku   kembali   ke   kamarku   dan   bergegas   mengganti   piyamaku   dengan   baju   yang
pantas.    Ketika    aku    keluar,    semua    lampu    belum    menyala    dan    pintu    depan
masih   tertutup.   Juga   pintu   kamar   Idan.   Kuketuk   pintu   itu   perlahan.
“Dan,   aku   sudah   siap.”
Tidak   ada   jawaban.
Aku   menyelinap   masuk.   Kamar   Idan   gelap,   tapi   dengan   cahaya   samar   lampu
taman    aku   bisa    melihatnya    meringkuk    di   sudut,    wajahnya    tersembunyi    di
balik      kedua       tangannya.      Ia       menepis      tanganku,       bahkan      mendorongku
terjungkal   saat   aku   menyentuh   bahunya.   Tapi   ketika   untuk   ketiga   kalinya
kuulurkan   tanganku,   ia   tidak   lagi   menghindar,   dan   dalam   rangkulanku   ia
menangis.
Hanya    saat    itu    Idan    tidak    bisa    mengontrol    emosinya.    Setelah    itu    ia
kembali   menjadi   Idan   yang   rasional   dan   berkepala   dingin,   yang   mengurus
pemakaman,   menerima   para   tamu   dan   menghibur   keempat   kakak   perempuannya
dengan   ketenangan   yang   nyaris   mengerikan.
Sore    harinya,    saat    aku    tengah    membantu    merapikan    kembali    ruang    tamu,
kakak   tertua   Idan,   Kak   Ira,   menghampiriku.
“Pit,   bawa   Idan   pulang.”
“Apa   tidak   sebaiknya   dia   di   sini   dulu,   Kak?”
Kak    Ira    menggeleng.    “Coba    lihat    sendiri,”    katanya    sambil    menunjuk    ke
halaman   belakang.
  
Idan   kutemukan   di   sana,   sedang   mengisap   sebatang   rokok.   Ia   sudah   tujuh
belas   tahun   berhenti   merokok   dan   melihatnya   kembali   pada   kebiasaan   itu
membuatku    sadar    ia    sedang    bergelut    dengan    kepedihan    yang    lebih    dalam
dari      yang      ditunjukkannya.      Ketika      aku      mendekat,      kulihat      asbak      di
sampingnya    telah    penuh    dengan    puntung    rokok    dan    kotak    di    atas    meja
tinggal   berisi   sebatang.
Kucabut   rokok   itu   dari   antara   jemarinya   dan   kubunuh   di   asbak.   Idan   tidak
memprotes,   ia    bahkan   tidak   menatapku.    Aku   sadar    Kak   Ira   memang    benar.
Aku    harus    segera    membawa    Idan    jauh-jauh    dari    semua    kenangan    tentang
ibunya.
“Aku   mau   pulang,   Dan,      ujarku   sambil   memegang   tangannya.
Ia   menggeleng   pelan.   “Aku   akan   menginap   di   sini.   Kau   pulanglah   sendiri.
Besok   aku   pulang   naik   bus   saja.”
“Aku   tidak   mau   sendirian   di   rumah.”
Idan    menghela    napas    berat    dan    akhirnya    bangkit.    Ia    berpamitan    kepada
kakak    dan    iparnya    dan    keluar    untuk   mengambil    mobil.    Saat    itu    Kak    Ira
menggamit   tanganku   dan   berbisik,      Aku   senang   Idan   sudah   menikah
denganmu.    Kau   pasti    bisa    menghiburnya    dalam   saat-saat    seperti    ini.    Ia
paling   merasa   kehilangan   dengan   meninggalnya   Mama.   Kau   tahu,   ia   tinggal
dengan   Mama   selama   tiga   puluh   tiga   tahun.”
Aku   terpana   sesaat.   Dadaku   ngilu.   Kupeluk   Kak   Ira   dengan   hati   menggigil.
Bagaimana    bisa    kukatakan    kepadanya    bahwa    aku    dan    Idan    sudah    sepakat
untuk   mengakhiri   pernikahan   ini   secepatnya?
Sesampai   di   rumah,   Idan   langsung   menuju   ke   kamarnya.
“Kau   mau   kumasakkan   nasi   goreng,   Dan?”
“Nanti   saja.   Aku   tidak   lapar.”
“Kau   tidak   makan   apa-apa   dari   kemarin   subuh.   Nanti   kau   sakit.   Mau   ya?”
Idan   mengangguk   dengan   mata   hampa.   Aku   jadi   semakin   khawatir   melihatnya.
“Tunggu   di   sini,”   ujarku   lagi.   “Aku   tidak   akan   lama.”
Ketika   aku   baru   saja   mengambil   telur   dari   lemari   es,   aku   mendengar   suara
Idan   di   kamar   mandi.   Ia   kutemukan   membungkuk   di   wastafel,   menangis   dan
muntah    hampir    bersamaan.    Untuk    sesaat    kepanikan    melumpuhkanku    dan    aku
hanya   bisa   terpaku   di   ambang   pintu,   tak   pasti   apa   yang   harus   kulakukan.
Insting    pertamaku    adalah    lari    keluar    mencari    bantuan.    Tapi    aku    tidak
mungkin   meninggalkan   Idan   dalam   keadaan   seperti   itu.
Kuhampiri   Idan   dengan   ragu.   Perlahan   kuelus   punggungnya   dan   sentuhanku
agaknya    sedikit    menenangkannya,    dan    lambat    laun    isaknya    mereda.    Ini
membuatku   lebih   yakin   dengan   apa   yang   mesti   kulakukan   selanjutnya.
Kupijat   tengkuknya   dan   kuseka   keringat   di   dahinya.   Tapi   tiba-tiba   saja
ia   terkulai   lemas,   dan   kalau   aku   tidak   segera   meraihnya   ke   dalam
pelukanku,   ia   pasti   akan   terpuruk   ke   lantai.   Pelan-pelan   kupapah   ia   ke
kamar   dan   kubaringkan   di   ranjang.   Kubuka   kemejanya   yang   basah   dan
kuselimuti   badannya   yang   menggigil.
  
“Maaf,   Pit,”   bisiknya.   “Aku   tidak   bisa   menangis   di   depan   kakak-kakakku.
Mereka   ….”
“Aku    tahu.    Tidak    apa-apa    ,”    tanganku    masih    gemetar    saat    aku    mengelus
rambutnya.   “Aku   buatkan   teh   panas,   nanti   kau   minum,   ya.”
Ia   mengangguk   dan   aku   beranjak   meninggalkannya.   Ketika   aku   kembali,   ia
kelihatan   agak   lebih   baik.   Dihirupnya   sedikit   teh   yang   kubawa.   Wajahnya
tidak   lagi   pucat   setelah   itu.   Ketika   aku   merapikan   kembali   selimutnya,
ia   memegang   tanganku.
“Terima   kasih.”
“Kau   pernah   melakukan   lebih   dari   ini   untukku.”
“Bukan   untuk   tehnya.   Untuk   tidak   memberiku   pernapasan   buatan,”   ia
tersenyum   nakal.
“Oh,   kau!”   aku   ikut   tersenyum,   lega.
“Dan   untuk   menikah   denganku,”   lanjut   Idan   kemudian,   ekspresinya   begitu
serius.    “Setidak-tidaknya    sebelum    meninggal,    Mama    bisa    tenang    karena
mengira   aku   sudah   beristri.   
Aku    tertegun    sesaat.    Suaraku    goyah    dan    terbata    saat    aku    bicara,    “Aku
yang   mesti   berterima   kasih   kepadamu.”
“Untuk   apa?”
“Untuk        setahun        yang        kau        lewati        denganku.       Untuk        kesabaranmu.
Pengorbananmu.”
Idan   tersenyum   kecil.      Aku   tidak   melakukan   apapun   yang   tidak   kusukai.
Ini   setahun   yang   sangat   menyenangkan   untukku.   Seharusnya   aku   yang
berterima   kasih.”
“Jangan   memaksa,”   aku   mencoba   bercanda.   “Aku   yang   harus   berterima   kasih.
Mengalahlah   sedikit.”
Idan   tersenyum   dan   mencubit   hidungku.   Tangannya   tidak   sedingin   tadi   dan
itu   melenyapkan   sisa-sisa   kekhawatiranku.
“Aku   masih    tidak   mengerti   kenapa    kau   akhirnya    mau   terlibat   dengan    ide
gilaku   ini   ,”   katanya.
“Entahlah,    Dan,”    aku    tertawa    kecil.    “Mungkin    aku    sudah    sangat    capai
berkilah    tiap    kali    ibuku    merongrong    soal    perkawinan.    Dan    aku    melihat
usulmu    itu    sebagai    jawaban    yang    pal    ing    jitu    untuk    menyelesaikan    dua
masalah   sekaligus,   keenggananku   un   tuk   menikah,   karena   tidak   ada   calon
yang   pas;   dan   keinginan   ibuku   y   ang   menggebu-gebu   untuk   segera   melihatku
menikah.”
“Apa   yang   kau   dapat   setelah   setahun   kita   menikah?”   tanyanya   dengan   mimik
lebih   serius.
Aku   terdiam   sejenak.   “Banyak,”   jawabku   akhir   nya.   “Aku   belajar   bahwa   aku
tidak    menikah   dengan    malaikat    atau    monster,   tapi    dengan    manusia,    yang
punya   kekurangan   yang   harus   kumaafkan   dan   keistimewaan   yang   tidak   bisa
  
kuabaikan.      Aku      belajar      bahwa      dalam      pernikahan,      bila      kita      tidak
mendapatkan   apa   yang   kita   inginkan   tidak   selalu   berarti   kekalahan,   tapi
boleh   jadi   suatu   kemenangan   bersama.”
Aku   ingin   menambahkan   bahwa   pernikahan   membutuhkan   cinta   dan   kesetiaan
seperti      gurun      memerlukan      air,      tapi      aku     tidak      punya      nyali      untuk
menyatakan   semua   itu.
“Kau   memang   selalu   pintar   bicara,”   Idan   tersenyum.
“Kau   sendiri?   Apa   yang   kau   pelajari   selama   ini?”
“Hanya   satu.   Hidupku   mungkin   tidak   akan   pernah   sebahagia   ini   lagi
setelah   kau   pergi.”
Aku   tertegun.   “Apa   maksudmu?”
Idan    bangkit    dan    duduk    mencangkung    menatapku.    “Tahun    ini    adalah    saat
paling   bahagia   dalam   hidupku.   Setiap   aku   bangun   pagi   dan   mendengar
suaramu,   aku   jadi   berpikir   aku   adalah   laki-laki   paling   bahagia   di   dunia
ini.   Dan    setiap   malam   waktu    aku   pulang    dan   kau   tersenyum    menyambutku,
aku   merasa   aku   jadi   manusia   paling   beruntung   di   seluruh   jagad   raya.   Aku
jadi   sangat   terbiasa   dengan   kehadiranmu   bahkan   mulai   berharap   kau   akan
bersamaku   terus,   walaupun   harapan   itu,   aku   tahu,   konyol.   Tapi   kalau   kau
mencintai    seseorang    seperti    aku    mencintaimu,    kau    akan    kehilangan    akal
sehat.”
Kutatap   wajah   Idan   lekat-lekat.   Ia   tidak   kelihatan   sedang   bercanda.   Ia
tampak   sangat   tenang   dan   serius.
   Aku   masih   belum   mengerti,”   bisikku.
“Pernikahan    ini    tidak    pernah    hanya    sebuah    simulasi    untukku,    Pit.    Ini
adalah   pernikahan   sesungguhnya   untukku.”
“Apa   maksudmu   kau   mencintaiku   ?”   suaraku   tercekik.
“Apa    yang    tidak    kau    pahami?    Aku    mencintaimu,”    kata-kata    Idan    begitu
lugas,      menghantamku      seperti      sebuah      pukulan      keras      yang      membuatku
terempas.   “Aku   mencintaimu   sejak   kau   memarahiku   karena   nyaris   melindas
kelincimu,   dua   puluh   tahun   yang   lalu,   waktu   kita   masih   sama-sama   belasan
tahun.   Dan   aku   tidak   pernah   bisa   berhenti   mencintaimu   hingga   kini.”
“Kau      kau   tidak   pernah   ….”
“Kau    tidak   pernah    memberiku    kesempatan.    Kau   selalu    sedang    jatuh    cinta
dengan    orang    lain    atau    patah    hati    karena    orang    lain,    dan    kau    selalu
datang     kepadaku     menceritakan     semuanya.     Aku     tahu     aku     bukan     lelaki
idamanmu.    Aku   tidak    menggambar.    Tidak    menulis   puisi.    Kalau    kau    bilang
sebuah    lukisan    itu    bagus,    aku    tidak    mengerti    kenapa.    Aku    bukan    jago
pidato    dan   calon    ketua    OSIS   yang    kau    gilai   di    SMA.    Aku   bukan    aktivis
kampus    yang    membuatmu    mabuk    kepayang    waktu    kuliah    dulu.    Aku    terlalu
biasa-biasa    saja.    Aku    tahu    ini    sangat    menyedihkan,    memalukan    dan    aku
benci     kau     kasihani.     Tapi     selama     ini     aku     benar-benar     tidak      punya
keberanian,   belum   lagi   kesempatan,   untuk   berterus   terang   kepadamu.”
“Kau    tidak   pernah    biasa-biasa    saja,    Dan,”   ujarku    lirih.    “Kau    istimewa
dengan   caramu   sendiri.”
  
Ia   mengangkat   bahu.   “Tidak   cukup   untuk   kau   cintai.”
Sesaat   aku   hanya   bisa   terdiam,   menatap   kedua   mata   Idan,   mencari   tanda-
tanda   kalau   semua   ini   hanya   salah   satu   dari   sekian   banyak   permainannya.
Tapi   ia   kelihatan   sungguh-sungguh.
“Kenapa   kau   katakan   semua   ini   kepadaku   waktu   kita   akan   berpisah   seperti
ini?   Apa   yang   kau   inginkan?”   tanyaku   datar.
Idan    tersenyum   kecil.    Ada    kepedihan    dalam   senyumnya,    sesuatu    yang    tak
pernah    kutemukan   sebelumnya.    “Aku    sendiri    tidak   tahu    kenapa    aku    mesti
mengatakan   semua   ini   kepadamu.   Aku   hanya   ingin   kau   tahu   aku   mencintaimu.
Bukan    karena    aku    masih    berharap    kau    akan    mencintaiku    juga.    Sekarang
tidak   ada   bedanya   lagi.   Tapi   aku   ingin   kau   tahu   kalau   kau   tetap   memiliki
cintaku,   apapun   yang   terjadi,   bahkan   jika   akhirnya   kau   benci   kepadaku
atau   melupakanku   sekalipun.”
Ia   tertunduk   sesaat.    Ada   sorot   yang   asing   berpijar   di    matanya   saat   ia
kembali   menatapku.   “Dan   kalau   kau   tanya   apa   yang   kuinginkan,   aku   ingin
kau   di   sini   bersamaku,   seumur   hidupku.   Aku   ingin   kau   belajar   dan
akhirnya   benar-benar   mencintaiku,   mungkin   tidak   akan   pernah   sedalam   dan
separah    cintaku    kepadamu,    tapi    setidaknya    kau    tidak    lagi    menganggapku
hanya    sekedar    sahabatmu,    tapi    juga    kekasihmu.    Aku    ingin    mencintaimu
lebih   dari   yang   pernah   kutunjukkan.”
Ia   menghela   napas   berat.   “Tapi   itu   semua   keinginanku.   Bukan   kemauanmu.
Kebahagiaanku,   belum   tentu   kebahagiaanmu   juga.”
Lama   kami   berdua   saling   berpandangan.
“Terima       kasih,       Dan,”       desahku       akhirnya.       Kupeluk       ia       erat-erat,
menyembunyikan   air   mataku   di   bahunya.
“Aku   sudah    bicara   dengan   Idan,    Pram.   Tapi    aku   terpaksa   menunda    proses
perceraian   itu.   Idan   baru   saja   kehilangan   ibunya.   Rasanya   tidak   pantas
bicara   soal   perceraian   saat   ini.”
“Berapa   lama?”
“Entahlah.   Sebulan   dua   bulan   mungkin.”
“Kau   tahu   waktu   kita   sangat   terbatas,   Ta.   Aku   tidak   bisa   menunda
kepulanganku    ke    Jerman.    Dan    aku    tidak   tahu    kapan    aku    bisa    kembali    ke
sini   lagi.   Mungkin   tidak   dalam   setahun   atau   dua   tahun   ke   depan.   Dan   kita
akan   kehilangan   waktu   yang   mestinya   bisa   kita   lewati   berdua.”
“Aku   tahu,   Pram.   Tapi   aku   tidak   mungkin   meninggalkan   Idan   sekarang.   Dia
membutuhkan   aku.”
“Aku   lebih   membutuhkanmu   dari   dia,   Ta.   Dan   pikirkan   dirimu   sendiri.   Apa
kau   tidak   ingin   kita   bisa   seterusnya   bersama?”   Aku   menghela   napas
panjang.   “Entahlah,   Pram,      bisikku.
“Apa   maksudmu?”   suara   Pram   terdengar   kaget.
“Aku   ….   Aku   tidak   akan   bahagia   kalau   Idan   menderita.”

“Ita!   Kau   tidak   ….   Dengar,   pikir   baik-   baik.   Menurutmu,   kalau   kau
tersiksa   hidup   dengannya,   ia   akan   bahagia?”
“Aku   tidak   merasa   menderita   menjadi   istrinya.”
“Tapi   kau   tidak   bahagia!”
“Aku   bahagia,   Pram.   Mungkin   tidak   seperti   saat   aku   bersamamu.   Tapi   Idan
membuatku   bahagia.”
“Kau   tidak   bisa   melakukan   ini,   Ta.   Kau   hanya   kasihan   kepadanya.   Sebentar
lagi    kau    akan    berubah    pikiran    dan    saat    itu    kau    akan    menyesal    karena
membuang   kesempatan   ini.”
“Aku   bisa   belajar   memaafkan   diriku   sendiri.”
“Ita,   kau   tidak   mencintainya!”
“Ia   mencintaiku.   Itu   lebih   dari   cukup.”
“Kau   hanya   bingung,   Ta.   Aku   mengerti.   Tapi   apa   kau   lupa   kalau   aku   sangat
mencintaimu?”
“Aku   tidak   pernah   akan   lupa,   Pram.”
“Lantas   apa   yang   membuatmu   berubah   pikiran   secepat   ini?”
“Idan   mengajariku   tentang   cinta.”
“Hanya   karena   itu?”
“Juga   karena   aku   yakin,   aku   akan   belajar   mencintainya.”
“Ita   ….”
“Selamat   tinggal,   Pram.   Mudah-mudahan   kau   akan   sebahagia   aku   nantinya,
atau   mungkin   lebih   bahagia   lagi.”
Telepon   kututup   sebelum   air   mataku   luruh.
“Upit.”
Aku   tersentak   dan   berbalik   seketika.   Entah   sudah   berapa   lama   Idan
berdiri    di    belakangku.    Wajahnya    penuh    tanda    tanya    dan    ia    menggeleng
perlahan   sambil   duduk   di   lantai   di   sisi   kursiku.
“Kenapa?”   tanyanya.
Aku   tak   bisa   menjawab.   Air   mataku   menetes   satu-satu   dan   dengan   lembut   ia
menyeka   pipiku   dengan   jarinya.
“Aku   tak   bisa   melihatmu   begini   ,”   lanjutnya   pelan.   “Ini   keputusan   yang
sangat   konyol,   Pit.   Kau   benar-benar   akan   membiarkan   kesempatanmu   berlalu
sekali   lagi?”
Aku   mengangguk.
“Dia   akan   membuatmu   sangat   bahagia,   Pit.”   Aku   mengangguk.
“Kau   akan   menyesal.”   Aku   mengangguk.
  
“Kau   akan   sedih,   kecewa   ….”   Aku   mengangguk.
“Kau   tidak   mencintaiku.”   Aku   menggeleng.
Idan   terbelalak.   “Upit!”   pekiknya   tertahan.   “Idan!”
Tamat
Penulis:   Novia   Stephani
Pemenang   I   sayembara   mengarang   cerber   femina   2003
Ada,   puisi   nih   dari   seorang   sahabatku
baca   deh   lembar   terakhir   ini
Salam,

Ku  tahu  sebaik  apapun  ku  berusaha
Ku  hanya  manusia  biasa
Yang  penuh  lupa  dan  dosa
Tapi  pada-Mu  ya  Rabb  ku  pinta
Siapapun  bidadari  yg  kau  siapkan  untukku
Semoga  ku  bisa  menjadi  yang  terbaik  baginya
Karena  ku  tahu  ya  Rabb  ku
Dialah  yang  terbaik  untukku
Dan  semoga  ya  Rabb
Semoga  Dalam  naungan  cinta-Mu
Kita  dapat  bersama
Dan  selalu  saling  mengingatkan

Untuk  sebuah  cinta  suci  mulia
Agar  dapat  kembali  bersua,
Di  surga-Mu

0 komentar

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog kami.
Dan di mohon komentarnya. demi perkembangan blog ini ke depannya....