Hidup adalah Apa yang Kamu Jalani Hari Ini

Kemarin adalah Pelajaran dan Esok Adalah Sebuah Harapan.

Categories

Setelah Kau Menikahiku Part 3

Meski    sudah    bersikap    menyebalkan,    Puspita    tidak    berhasil    membuat    Idan
marah.   Pria   itu   malah   bersikap   sangat   manis.
Cerita   lalu:
Wajah   Idan   benar-benar   merah   sekarang.   “Upit!   Jangan   main-main   denganku!
Aku    tidak    mau    kau    menolak    pergi    jalan-jalan    lalu    menghukumku    dengan
cemberut   sepanjang   hari   begini.   Mandi   sekarang.   Kita   pergi   setengah   jam
lagi.”
“Aku   bukan   budakmu.   Jangan   suruh-suruh   aku.   Dan   aku   tetap   tak   mau   pergi”
“Oke.   Terserah!   Kalau   kau   mau   duduk   di   sini   seharian,   makan   es   krim   dan
cokelat   sambil    mengasihani   diri   sendiri    dan   melar    dan   melar   dan    melar
dan   melar….”
“Idan!”   jeritku   sambil   melempar   kotak   es   krim   itu   ke   arahnya.   Ia
terlambat   mengelak   dan   sisa   es   krim   yang   telah   mencair   melumuri
t-shirtnya.   Aku   lari   ke   kamarku,   membanting   pintunya   dan   melempar   diri
ke   ranjang,   sesenggukan.
Kudengar   ia   memaki   dan   menendang   pintu.   Saat   itu   aku   takut,   takut
sekali.    Ia    seperti    telah    menjadi    manusia    lain    yang    tak    kukenali    sama
sekali,    asing   dan    mengerikan.    Kututup    telingaku   dengan    bantal    dan    aku
terus   menangis   hingga   tenggorokanku   yang   sakit   dan   kepalaku   yang   berat
memaksaku   tertidur   kelelahan.
Sorenya        aku        keluar        mengendap-endap.        Idan        pasti        telah        pergi
memancing.Memikirkan   bahwa   ia   pergi   sementara   aku   masih   menangis   karena
kata-kata
kasarnya    membuatku    makin    marah    kepadanya.    Kali    ini    aku    yakin    tak    ada
pilihan   lain   kecuali   meninggalkannya   dan   kembali   ke   rumah   orang   tuaku.
Maka   selesai   mandi   aku   segera   memasukkan   semua   pakaianku   ke   dalam   kopor.
Saat   itu   Idan   datang.   Ia   kedengaran   sangat   gembira,   bersiul-siul   sejak
ia    memasuki   pintu    gerbang.    Siulannya    berhenti   saat    ia    melihat    koporku
dari   pintu   kamar   yang   terkuak.
“Apa-apaan   ini,   Pit?   ”   tanyanya.
“Aku   pulang   ke   rumah   Ibu.”
Ia    masuk   dan    duduk    di    atas   kasurku,    mengawasi    gerak-gerikku.    “Semudah
ini   kau   menyerah?”

“Ini   di   luar   dugaanku.”
“Apa?”
“Aku   tidak   mengira   aku   menikahi   monster.”
Idan   terdiam,   menunduk.
“Aku…,”   katanya   lirih.   “Aku   bawa   pizza   kesukaanmu.”
“Aku   sudah   terlalu   gemuk.”   Ia   menggeleng   dengan   ekspresi   bersalah,
”Tidak.   Kau   cantik.”
“Aku   tidak   butuh   pendapatmu.   Kau   bukan   suamiku,   ingat?   Penilaianmu   tidak
punya   arti   apa-apa.”
“Aku   sudah   mencoba   jadi   suami   yang   baik.”
“Kau   gagal.”

“Setidaknya   aku   mencoba.   Kau   …   kau   tidak   melakukan   apapun   supaya
pernikahan   kita   berhasil….”
“Simulasi.”
Ia   menghela   napas   panjang   dan   mengangguk   singkat.   “Simulasi.”
“Kau   salah,   Dan.   Aku   sudah   melakukan   terlalu   banyak.   Sudah   belajar
terlalu   banyak.   Dan   aku   sudah   mengambil   keputusan.   Aku   tidak   akan
menikah.   Aku   tidak   suka   menikah.   Apalagi   denganmu.”
Ia      tak      mengatakan      apa-apa,      lama      sekali.      Ketika      ia      keluar      dari
kamarku,aku   ambruk   ke   atas   tempat   tidur.   Semua   topeng   ketegaranku   hancur
berkeping-keping.   Aku   tak   pernah   mendu   ga   Idan   bisa   menyakitiku   sehebat
ini.   Lama   kemudian.   setelah   aku   bisa   sedikit   menguasai   diri,   aku
bangkit.   Kurapikan   dandananku   dan   kuseret   koporku   keluar.
“Setidaknya   tunggulah   sampai   hujan   reda,”   suara   Idan   menyambutku.
“Terlalu   lama,”   gumamku.   “Aku   tidak   bisa   tinggal   denganmu   selama   itu.”
Aku   tak   peduli   hujan   yang   serta   merta   mengguyurku   basah   kuyup   saat   aku
membuka   pintu   gerbang.   Meninggalkan   Idan   secepatnya,   hanya   itu   yang   ada
dibenakku.    Dan    ketika    mobilku    mulai    tersendat    terendam    genangan    air
hujan   hanya   lima   puluh   meter   dari   rumah,   aku   begitu   berang   dan   putus   asa
hingga   aku   keluar   dari   mobil   dan   menendang   pintunya,   meninju   atapnya   ,
air   mataku   larut   dalam   siraman   hujan.
Saat   itu   aku   melihat   Idan   datang.   Tanpa   mengatakan   apa-apa   ia   mencabut
kunci   mobilku   dan   mengunci   mobil   itu   dari   luar.
“Ayo   pulang,”   katanya.
Aku   menggeleng   tanpa   berani   menatap   wajahnya.
Dan   ia   mengangkatku,   menggendongku,   tanpa   menghiraukan   perlawananku.   Ia
membopongku    sampai    ke    rumah,    tak    memberiku    kesempatan    untuk    melarikan
diri.   Setiba   di   dalam,   ia   mengunci   pintu   dan   menyimpan   kuncinya   di   saku.

“Ganti   bajumu,”   katanya.
“Semua   bajuku   di   dalam   kopor.”
“Ambil   bajuku.”
“Tidak   akan   pernah!”
Ia    mencengkeram    pergelangan    tanganku    dan    menatapku    lurus    dengan    mata
berkobar,”Ini   bukan   waktunya   melawanku,   Pit.   Kau   bisa   sakit!”
“Monster,”   desisku.
alam    itu    suhu    tubuhku    menanjak    naik,    kepalaku    sakit    dan    tenggorokan
nyeri.   Aku   masih   ingat   saat   Idan   menyuruhku   menelan   sebutir   tablet
penurun   panas   dan   aku   membangkang.   Ketika   abangku   datang   untuk   memeriksa
keadaanku,   aku   masih   bisa   menangis   dan   merengek   minta   diantar   pulang   ke
rumah   orang   tuaku.   Setel   ah   itu   semuanya   kabur.
Kesadaranku      kembali      dalam      kelebatan-kelebatan      singkat.      Ketika      aku
terjaga    dan    menemukan    Idan    tengah    mengganti    kain    kompres    di    dahiku,
sentuhannya    begitu    sejuk    dan    menenteramkan.    Ketika    aku    tiba-tiba    ters
entak      dari      salah      satu      mimpi      burukku      dan      mendapati      Idan      tengah
membersihkan   ceceran   muntahku   di   lantai.   Ketika   aku   terbangun   dari
tidurku   yang   gelisah   dan   merasakan   tangannya   erat   menggenggam   jemariku.
Hingga   akhirnya,   entah   setelah   berapa   lama,   aku   terbangun   dan   nyala   api
dalam   kepala   dan   dadaku   telah   padam.   Jendela   kamarku   terbuka   dan   cahaya
matahari   hangat    menerobos   masuk,   membawa    aroma   melati    dar   i   rumpun    di
luar   kamarku.   Ibuku   tengah   duduk   di   dekat   jendela,   membaca.
“Ibu.”
Ibuku          menurunkan          korannya.          Senyumnya          mengembang          saat          ia
menghampiriku.“Bagaimana?   Sudah   enakan?”
“Idan   mana?”   bisikku.   Ah,   pertanyaan   bodoh.   Mungkin   seharusnya   aku
bertanya   di   mana   aku   sekarang   atau   setidak-tidaknya   siapa   namaku.   Kenapa
pertanyaan   pertamaku   harus   tentang   Idan?   rutukku   pada   diri   sendiri.
   Masih   di   kantor.   Sebentar   lagi   juga   pulang.”
Aku   sakit   dan   dia   pergi   ke   kantor.   Suami   teladan.
“Ibu   sudah   berapa   lama   di   sini?”
“Dari   pagi.   Kau   tidak   ingat   ibu   datang   pagi   tadi?”
Aku   mencoba   menggeleng   dan   kepalaku   serta   merta   terbelah   tiga.   Tapi   yang
paling   menyakitkanku   adalah,   Idan   sama   sekali   tak   peduli   aku   sakit.   Aku
berbalik   dan   memejamkan   mata.   Air   mataku   yang   panas   luruh   satu-satu.
Sore    itu    ketika    Idan    pulang,    aku    berpura-pura    tidur.    Aku    sama    sekali
belum   siap   untuk   bicara   lagi   dengannya.   “Bagaimana,   Bu?”   tanyanya,
suaranya    mendekati    tempat    tidurku.    Dan    kemudian    tangannya    hinggap    di
dahiku,   sejuk   dan   membawa   ketenangan.   Dengan   punggung   tangannya   ia
menyentuh   leherku,   dan   kalaupun   aku   sanggup   menepiskan   tangannya   dengan
tenagaku   yang   nyaris   nihil,   aku   tak   akan   mau   melakukannya.

“Tadi   bangun   sebentar   ,   menanyakan   kamu.   Lalu   tidur   lagi.   Tapi   panasnya
sudah   turun   dan   tadi   siang   sudah   mau   minum   susu.”
Tangan   Idan   berpindah   ke   bahuku   dan   mulai   memijat   dengan   lembut.   Jangan
berhenti,   jangan   berhenti,   jangan   berhenti,   pintaku   dalam   hati.   Tapi   ia
bangkit   dan   merapikan   selimutku   sambil   terus   bicara   dengan   ibuku.
“Kalau   Ibu   capai,   Ibu   bisa   ambil   cuti   besok.”
Ibu   tertawa   kecil.   “Kau   sendiri?   Kau   tidak   tidur   entah   berapa   malam   dan
kau    mengerjakan    semuanya.    Mencuci,    membersihkan    rumah,    mengurus    Upit.
Apa   kau   tidak   capai?”
“Saya   pakai   baterai   Energizer,   Bu.”
Ibu    tertawa    lagi,    ”Idan,    Idan.    Kau    mesti    istirahat    juga.    Ka    lau    kau
sakit,   Ibu   tidak   yakin   Upit   bisa   mengurusmu   sesabar   kau   merawat   dia.”
Ibu!   Idan   itu   hanya   menantu   Ibu!   Cuma   simulasi   pula!
“Sudah   tanggung   jawab   saya,   Bu.”
Alangkah   klisenya!
Sunyi.   “Kau   betul-betul   tidak   butuh   bantuan   Ibu?”
“Terima   kasih.   Kalau   ada   apa-apa,   saya   pasti   telepon   Ibu   lagi.”
“Baik    kalau    begitu.    Kau    tinggal    menyuapinya    nanti    malam,    jangan    lupa
obatnya.   Kalau   ia   mau,   ibu   sudah   masak   bubur   di   dapur.   Kalau   tidak,   beri
saja   apa   yang   dia   mau.”
“Ya,   Bu.”
“Dan   jangan   tidak   tidur   lagi   nanti   malam.   Upit   sudah   baikan.”
“Baik,   Bu.”
Dan    saat    itu    juga    aku    bersumpah    akan    membuat    malam    itu    mimpi    buruk
untuknya.
Aku    ingin    menghukumnya    karena    kata-katanya    yang    menyakiti    perasaanku.
Aku    ingin    menghukumnya    karena    ia    melukai    harga    diriku.    Dan    aku    ingin
menghukumnya    karena    ia    membuatku    benci    pada    diriku    sendiri.    Ia    yang
membuatku   sakit   dan   entah   berapa   lama   tak   berdaya,   bahkan   terpaksa
membiarkannya    mengurusku    seperti    bayi.    Ia    harus    membayar    untuk    semua
penghinaan   itu.   Aku   benci,   sangat   benci   padanya.
Aku   membuat   segalanya   sangat   sulit   untuk   Idan   malam   itu.   Aku   memberontak
saat   ia    mencoba   menyuapiku.   Aku    menolak   saat    ia   memintaku   makan    obat.
Aku    memintanya    membuka    jendela    karena    aku    kepanasan,    lalu    menutupnya
lagi,   karena   aku   kedinginan,   lalu   membuka   lagi,   menutup   lagi   entah
berapa   belas   kali.   Aku   memintanya   membuatkanku   susu   yang   tidak   kuminum   ,
merebuskan   mi   instan   yang   tidak   kumakan,   menyiapkan   roti   yang   kubuang   ke
lantai,    mengupaskan   apel    yang    kubiarkan    di   meja    hingga    berubah    coklat
dan   memasakkan   omelet   yang   hanya   ku   cuil   sedikit.   Pijatannya   di   kakiku
terlalu   keras,   terlalu   lembek,   terlalu   kasar,   tidak   terasa.   Dan   saat   ia
mulai    terkantuk-kantuk    di    kursi,    aku    membangunkannya    untuk    menyalakan

televisi   agar   aku   bisa   menyuruhnya   mengganti   saluran   tiap   kali   ia   mulai
mengangguk   terlelap.
Semua   itu   akan   membuatku   sangat   puas   kalau   saja   Idan   mau   menolak,
memprotes,   mengeluh,   atau   bahkan   marah   dan   memakiku   seperti   dulu.   Tapi
ia    sama   sekali    tidak    mengeluh,    tidak   membantah    .    Kesabarannya    merusak
segalanya.   Makin   lama   aku   makin   menyadari   kelembutan   dalam   suaranya   --
yang   hanya   bisa   lahir   dari   kekhawatiran   --   dan   kelelahan   di   matanya   --
yang   aku   tahu   hanya   bisa   datang   dari   keputusasaan.   Aku   dibuatnya   merasa
bersalah,   karena   aku   sadar   ia   juga   tengah   menyalahkan   dirinya   sendiri,
menghukum   dirinya   sendiri,   mungkin   lebih   berat   dari   yang   kulakukan.   Dan
kebencianku   justru   musnah   dan   berganti   kasihan,   sesuatu   yang   sama   sekali
tak   kuharapkan,   tapi   tak   bisa   kuelakkan.
Menjelang    fajar,    saat    mengawasinya    tertidur    meringkuk    di    kursi,    aku
mengingat      lagi      pertengkaran      yang      menerbitkan      kebencian      itu.      Aku
mengulang   lagi   setiap   kalimat   yang   kuucapkan,   dan   aku   tiba-tiba   merasa
malu.    Kenapa   semuanya    harus    terjadi    hanya   karena    sesuatu    seremeh    itu.
Selama   dua   puluh   tahun   persahabatanku   dengan   Idan,   hobi   dan   kegemarannya
tak   pernah   membuatku   merasa   terganggu.   Masih   banyak   hal   lain   yang
menyenangkan      darinya.      Kenapa      aku      sampai      bisa      melupakan      itu      dan
membiarkan   kemarahan   sesaat   membutakanku?
Aku   tahu   permintaanku   wajar.   Aku   tahu   aku   berhak   meminta   Idan   menemaniku
ke   mana    pun.   Dan   ia    juga   sama    bersalahnya   denganku   karena    mengobarkan
pertengkaran   konyol   itu.   Hanya   saja   ia   lebih   berbesar   hati   untuk
menyingkirkan   pertengkaran   itu   sementara   aku   justru   memupuk   dendam   dan
benci    padanya.    Jadi    siapa    sebenarnya    pemenang    dalam    kontes    kedewasaan
ini?
Ketika   aku   terbangun   esok   paginya,   Idan   menyambutku   dengan   baki   sarapan
pagi    dan    senyum    lebar.    Ia     membantuku    ke    kamar    mandi    dan    aku    tidak
memprotes   ketika   ia   memintaku   untuk   tidak   mengunci   pintu.   Ia   telah
menyediakan    bangku    di    dekat    wastafel    agar    aku    tak    perlu    berdiri    saat
menggosok   gigi.   Di   rak   ia   telah   menyediakan   pakaian   bersih   untukku   dan
bahkan   meletakkan   bedak   dan   sisirku,   hingga   saat   aku   keluar   dari   kamar
mandi,    aku    merasa    jauh    lebih    segar    dan    hidup.    Ketika    aku    kembali    ke
kamar,   aku   melihat   spreiku   telah   diganti,   mejaku   telah   rapi   kembali   dan
bunga    di    dalam    vas    di    dekat   tempat    tidurku    telah    diganti    dengan    yang
baru.   Ketika   Idan   duduk   di   pinggir   ranjangku,   menambahkan   gula   pada   susu
cokelatku    dan    mengupaskan    telur    sarapan    pagiku,    aku    hampir    menangis
karena   terharu.
“Kau    tidak   ke    kantor?    ”    tanyaku   mencoba    membuka    percakapan;    kata-kata
ramah   pertama   yang   kuucapkan   padanya   setelah   pertengkaran   kami.
“Ini   hari   Minggu,   Pit.”
“Aku   sudah   sakit   selama   seminggu   ?”   bisikku   tak   percaya.
“Ya,”   Idan   tersenyum.   “   Tapi   aku   senang   kau   sudah   sembuh   sekarang.   Aku
tidak   bisa   tenang   di   kantor   memikirkanmu.”
“Ibuku   kan   di   sini.”
“Ya.      Aku      terpaksa      memintanya      datang.      Aku      benar-benar      tidak      bisa
meninggalkan   pekerjaanku   minggu   lalu.   Maaf.”
Aku   menunduk,   bersembunyi   dari   ketulusan   di   matanya.   Kulirik   jam   di   atas

mejaku.   Pukul   setengah   delapan   pagi.   “Tidak   main   bola?”
Ia    menggeleng   sambil    mengolesi    sepotong    roti   lagi    dengan    selai    nenas.
“Aku   mau   memberi   kesempatan   pada   Agus.   Sudah   dua   bulan   dia   cuma   duduk   di
bangku   cadangan.”
Aku   tersenyum.
“Dia   kurang   berani   menyerang.   Tidak   segesit   aku.   Maklum   sudah   agak
gemuk.   Tapi,   siapa   tahu,”   ia   mengangkat   bahu   dan   tersenyum.
“Kau   mau   pergi   memancing   nanti   sore?”
Ia   menggeleng   lagi.
“Kenapa?”
“Aku   harus   memberi   kesempatan   ikan-ikan   itu   berkembang   biak,   Pit.   Kalau
kutangkapi   terus,   mereka   bisa   punah.”
“Kalau   kau   memancing   lagi,   tolong   sampaikan   terima   kasihku   kepada
mereka,   ya.”
“   Terima   kasih   untuk   apa?”
Untuk   menunjukkan   sisi   lain   dari   Idan   yang   tidak   kuketahui   sebelumnya,
batinku.    Tapi    yang    keluar    dari    mulutku    adalah,    ”Karena    meminjamkanmu
untukku   hari   ini.”
Senyum    Idan    serta    merta    surut.    Diulurkannya    tangannya    dan    disentuhnya
lenganku.    “Lain    kali    kalau    kau    ingin    kuantar    ke    manapun,    bisakah    kau
bilang   minimal   sehari   sebelumnya?   Bukannya   aku   tidak   mau,   tapi   kalau   aku
sudah      berjanji      dengan      teman-temanku,      aku      tidak      bisa      begitu      saja
membatalkannya   kan?”
Aku   mengangguk   dengan   leher   tersumbat.
“Aku    juga    janji    tidak    akan    sering    nonton    film    action    lagi,”    katanya
kemudian.   “Kita   memang   perlu   ngobrol   lebih   sering.   Jangan   menangis,   Pit
Nanti   air   jerukmu   asin.”
“Selamat   ulang   tahun,   Pit.”
Aku   terlonjak    duduk   dan   menyalakan    lampu.   “Idan!    Untuk   apa   kau    sepagi
ini   di   kamarku!”
“Memberimu    selamat    ulang    tahun,”    jawabnya    polos.    Dan    ia    bangkit    dari
kursinya   di    sisi   tempat   tidur    dan   menarikku    hingga   berdiri.   “Ayo!    Aku
mau   menunjukkan   hadiah   ulang   tahunmu   dariku!”
Ia   menyeretku   ke   ruang   kerja  dan   menyuruhku   duduk   di   depan   komputerku.
Ada    dua    komputer    di    ruangan   itu,    satu    milik    Idan,    yang    sarat    dengan
berbagai   programming   software  yang   digunakannya   untuk   bekerja.   Dan   satu
lagi   milikku,   lebih   sederhana  dan   tidak   secanggih   milik   Idan.
Idan   menyalakan   komputerku   dan   duduk   di   sebelahku   dengan   mata   berbinar.
Sambil   tersenyum   geli,   aku   mencoba   menebak   apa   yang   telah   disiapkan   Idan
untukku.   Pisi?   Personal   website,   dengan   foto   dan   lagu?   Aku   menggeleng

dalam   hati,   Idan   tidak   cukup   romantis   untuk   itu.
“Kau   lihat?”   Idan   memotong   renunganku.
“Apa?”
“Hadiahku.”
Keningku   berkerut.   Tidak   ada   yang   berbeda   dengan   tampilan   komputer   itu.
Dengan    ragu    kuraih    mouse    dan    mengklik    tombol    Start.    Tidak    ada    yang
berubah.    Tapi    Idan    kentara    sekali    menjadi    semakin    antusias.    Setelah
membuka   file-file-ku   dan   sekali   lagi   tidak   menemukan   apa   pun,   aku
berpaling   kepada   Idan   dengan   ekspresi   tak   berdaya.
“Kau   tidak   menemukannya?”   tanya   Idan,   dengan   setitik   kecewa   dalam
suaranya.
Aku   menggeleng.
“Aku    menambah    memori    komputermu,”    akunya    kemudian.    Dan    melihat    raut
wajahku   yang   tak   berubah,   menambah.
“Komputermu   sekarang   bisa   bekerja   lebih   cepat.”
Aku    ingin    sekali    berbagi    kegembiraannya.    Ia    kelihatan    begitu    bangga
dengan   hadiahnya,   setidaknya   beberapa   detik   yang   lalu,   sebelum   ia   sadar
bahwa   aku   kecewa.   “Oh   ,”   hanya   itu   yang   bisa   kukatakan.   “Terima   kasih.”
“Kau    boleh    memelukku    kalau    mau,”    katanya    tersenyum    dan    membentangkan
kedua    tangannya.    Kupukul    lengannya    dan    tertawa.    Dan    pagi    itu    berlalu
seperti   hari-hari   kemarin.
Di    kantor    teman-temanku    menyambutku    dengan    ucapan    selamat    dan   senyum
pernuh    arti.    Ketika    aku    memasuki    ruang    kerjaku,    aku    mengerti   kenapa
mereka   tampak   seperti   menyembunyikan   sesuatu.   Di   meja   kerjaku   ada  sebuah
kotak   panjang   dengan   tutup   sel   ofan.   Setangkai   mawar   putih.   Sesaat
jantungku   rasanya   berhenti   berdenyut.
Hati-hati    kuambil    kartu    yang    menempel    pada    kotak    itu,    lupa    seketika
kepada   teman-temanku   yang   pasti   mengawasi   lewat   kaca   ruang   kerjaku.
Selamat   ulang   tahun.   Masih   ingatkah   kau   kepadaku?   Jika   ya,   aku   menunggu
di   tempat   biasa.
Mungkinkah?
Aku   keluar   untuk   makan   siang   lebih   awal,   mengabaikan   godaan   teman-
temanku   yang   tak   kenal   ampun.


0 komentar

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog kami.
Dan di mohon komentarnya. demi perkembangan blog ini ke depannya....