Hidup adalah Apa yang Kamu Jalani Hari Ini

Kemarin adalah Pelajaran dan Esok Adalah Sebuah Harapan.

Categories

Setelah Kau Menikahiku Part 4

Pram    berjanji    akan    membahagiakan    Puspita.    Tapi    sayang    semuanya    sudah
terlambat.   Dia   sudah   menikah,   sekalipun   hanya   simulasi.
Cerita   lalu:
  
alam   perjalanan   aku   kembali   memikirkan   mawar   putih   itu.   Sejak   aku
melihatnya,    aku    tahu    kalau    itu    bukan    dari    Idan.    Idan    mustahil    bisa
seromantis   itu.   Hanya   satu   orang   yang   kutahu   pernah   dan   selalu   memberiku
mawar   putih.   Dan   ia   adalah   milik   masa   lalu   yang   tak   pernah   kubayangkan
bisa   dan   akan   kembali.   Tapi   pesan   itu?
Restoran   itu   masih   seperti   yang   kukenang.   Sederhana   dan   tidak   mencolok
di   bagian   luarnya;   tetapi   begitu   aku   masuk,   aku   menemukan   kedamaian   dan
ketenangan    dalam    interiornya    yang    lapang    dan    asri,    dengan    kolam-kolam
kecil   beri   si    teratai   merah   jambu   dan   putih   serta    suara   gemericik   air
terjun   buatan   di   sepanjang   satu   dindingnya.
Tidak   ada   yang   berubah.   Dan   meja   nomor   lima   itu   masih   sedikit   di   sudut,
terhalangi   seru   mpun   gelagah.   Ketika   aku   menghampiri   meja   itu,   aku   tidak
lagi   merasa    sebagai   Puspita   yang    berusia   tiga    puluh   empat   tahun,    yang
dewasa    dan    percaya    diri,    tapi    seorang    gadis    berusia    dua    puluh    tiga
tahun,   yang   tercabik    di   antara   cinta   dan   ambisi.   Di    meja   itu   harusnya
seseorang   menantiku,   seperti   sepuluh   tahun   yang   silam.   Sebagian   hatiku
mengingatkan   untuk   tidak   terlalu   berharap.   Masa   lampau   mustahil   kembali
lagi.   Tapi   segalanya   masih   begitu   serupa   dulu,   hingga   a   ku   sulit
memisahkan   kini   dan   saat   itu.
Apalagi     saat     lelaki     di     meja     itu     bangkit     menyambutku,     menggenggam
tanganku     dan     mengucapkan     namaku.     “Ita,”     kelembutan     suaranya     masih
seperti   yang   kuingat.   Dan   wajahnya,   walau   mulai   sedikit   berkerut,   masih
persis   seperti   yang   kukenang.   “Kau   datang.”
“Halo,   Pram,”   sapaku   sembari   duduk   di   hadapannya,   tak   melepaskan   mataku
dari    senyumnya.    Aku    tiba-tiba    sadar    dengan    rasa    rindu    yang    lama    tak
pernah    kugubris,    dahaga    yang    bertahun-tahun    tak    kuizinkan    untuk    ada.
Perasaanku    berkecamuk,    galau    yang    belum    pernah    lagi    kurasakan    tentang
siapa   pun   juga.
Menggelikan   sekali   kalau   seorang   perempuan   seusiaku   masih   demikian
terguncang   karena   pertemuan   dengan   bekas   kekasihnya.
“Terima   kasih   mawarnya,”   ujarku,   sedatar   yang   mampu   kulakukan.   Sayangnya
getaran   di   suaraku   membeberkan   semuanya.
“Kau   masih   ingat.”
“Aku   tak   bisa   lupa,   meski   mau   sekalipun,”   katanya   tersenyum.
“Kapan   kau   pulang?”
“Tadi   pagi.”
“Dengan   anak   istrimu?”
Pram   tertawa   kecil.   “Ini   agak   memalukan.   Tapi   aku   masih   sendiri,   Ita.”
Jawabannya     begitu     mengejutkanku     hingga     sesaat     aku     tak     tahu     harus
mengatakan   apa.
“Aku   tidak   bisa   membayangkan   menikah   dengan   siapa   pun   selain   denganmu,”
senyumnya    padam    dan    di    matanya    bergelora    lagi    pesona    yang    pernah    dan
mungkin    masih   bisa    meluluhkan    hatiku.    “Sepuluh   tahun    aku    mencari,    dan
aku   tetap   tak   bisa   menemukan   penggantimu.”

Aku   menunduk,   bibirku   terkatup   erat.   Sepuluh   tahun   lalu,   di   tempat   ini
juga,    ia    melamarku,    dan    aku    menolak.    Aku    tak    bisa    membiarkan    peluang
karier    yang    telah    susah    payah    kurebut    tersia-sia    begitu    saja,    bahkan
untuk    satu-satunya   lelaki    yang    ingin    kunikahi.   Aku    tak    bersedia    hanya
menjadi    bayangannya,    terperangkap    dan    layu    di    negeri    asing,    walau    ia
adalah   orang   yang   menguasai   separuh   jiwaku.   Dan   ia   pergi.   Di   awal
perpisahan   surat-suratnya   datang   dengan   teratur,   tak   satu   pun   kubalas.
Bertahun-tahun    ia    tetap    mengirim    kartu    ulang    tahun    dan    Lebaran,    yang
semua   kubakar,   sampai   aku   tak   lagi   peduli,   sampai   suatu   hari   tidak   ada
lagi   kartu   yang   datang.   Dan   dengan   sedih   aku   harus   mengakui   bahwa   lelaki
sesemp   urna   Pram   pun   suatu   ketika   akan   melupakanku.
“Kau   sendiri   bagaimana,   Ta?”
“Aku   sekarang   editor   senior,”   jawaban   itu   terdengar   menyedihkan,   hampa
makna.   Apa   artinya   seuntai   jabatan   di   sisi…   cinta?   Kesetiaan?
“Selamat!”   ia   kedengaran   tulus,   tapi   di   hatiku   kata   itu   menyakiti.   “Aku
selalu   yakin   kau   yang   terbaik   untuk   pekerjaan   itu.”
“Kau   pernah   ingin   merenggutku   dari   ini   semua,”   ujarku   lirih.   Apa   jadinya
kalau   dulu   kukatakan   “ya   ”?   Sepuluh   tahun   bersama   Pram,   seperti   apa?
Ia   menggeleng.   “Aku   hanya   memintamu   memilih.”
Matanya   tertambat    pada   cincin   di    jari   manisku.    Suaranya   pelan   saat    ia
bertanya,   ”Kau   sudah   menikah?”
Aku   mengangguk.   Ia   tertawa   kecil,   agak   gugup   .   “Siapa?”   tanyanya   lirih.
“Idan,”   jawabku   kaku.
“Idan?   Irdansyah   temanmu?”
“Sahabatku.”
“Sahabatmu,”   desahnya.   “Sudah   berapa   putramu?”
Aku   menggeleng.   “Belum   ada,”   bisikku.
Pram   menatapku   lekat.   Dua   kali   ia   tampak   seolah   akan   bicara,   tapi   setiap
kali,   ia   berhenti.   Akhirnya,   dengan   senyum   kecil   ia   mengeluarkan   sebuah
kotak   mungil   dari   sakunya.
“Aku…,”    dibukanya    kotak    itu.    “…Aku    se    ndiri    menganggap    diriku    gila,
karena   membawakanmu   ini.   Tapi,   Ta,   maaf   kalau   aku   terus-terang   seperti
ini,   dibenakku   kau   masih   Ita-ku   yang   dulu.   Aku   tahu   dalam   sepuluh   tahun
segalanya   bisa   terjadi   dan   kau   pasti   sudah   menikah.   Tapi….”
Dikeluarkannya    sebuah    gelang    mungil    berhias    batu-batu    semi-mulia.    Aku
terkesima.
“Aku    tahu    kau    suka    perhiasan    antik.    Ada    kenalanku    yang    membuka    toko
barang   antik   di   Muenchen.   Aku   membeli   ini   darinya,”   tanpa   meminta
izinku,   ia   telah   memasangkan   gelang   itu   di   tanganku.
“Terima   kasih,”   gumamku   terpesona.   “Cantik   sekali.”

“Kau   suka?”
Aku   mengangguk.   Dan   teringat   lagi   hadiah   ulang   tahun   dari   Idan.   “   Kau….
Sebetulnya    kau    tidak    perlu    repot-repot…,”    suaraku    keluar    dengan    susah
payah.
“Sebetulnya   aku   mau   membawakanmu   karpet   antik   yang   aku   yakin   akan
membuatmu   tergila-gila.    Aku   sudah   membelinya    karena   itu   mengingatkanku
padamu.    Setiap    kali    aku    berbelanja    barang    antik    aku    tak    bisa    tidak
mengingatmu,”   ia   tertawa   kecil.   “Tapi   aku   tidak   bisa   membawanya   ke   sini.
Bawaanku   sudah   banyak   sekali.   Ibuku   memesan   oleh-oleh   untuk   semua   sanak
famili   dalam   radius   dua   ratus   lima   puluh   kilometer.”
Aku   tersenyum   kecil.   Tapi   dalam   benakku   berkelebat   pertanyaan   demi
pertanyaan.    Apakah    Idan    tahu    hadiah    seperti    apa    yang    akan    membuatku
bahagia?    Apa   ia    mengenal    selera    dan   kegemaranku?    Aku    menggeleng    dalam
hati.   Tidak.   Tidak   .
Pram    masih    bicara    panjang    lebar    tentang    bisnis    yang    dilakukannya    di
Jerman.      Aku       kembali      diingatkan       tentang      kecerdasan       dan      keluasan
wawasannya.   Apalagi   sepuluh   tahun   berada   di   negara   lain   telah   menjadikan
Pram   yang   dulu   kukenal   lembut   dan   peka,   semakin   lapang   hati   dan   terbuka.
Kalau    ada    yang    berubah    dalam    dirinya,    semua    itu    hanya    menjadikannya
sempurna.   Dan   pikiran   itu   menorehkan   nyeri   di   hatiku.   Sudah   terlambat,
sambatku   kepada   diri   sendiri.
Ia   bercerita   tentang   barang-barang   antik   yang   juga   jadi   salah   satu
kegemarannya.   “Kalau   saja   kau   bersamaku,   Ta,”   katanya   dengan   mata
berbinar.   “Kita   bisa   menghabiskan   waktu   mengaduk-aduk   Eropa   mencari
barang   antik….”
Ia   melihat   ekspresi   wajahku   dan   berhenti   bicara.   “Maaf,”   katanya   sejenak
kemudian.
“Aku   harus   kembali   ke   kantor,”   gumamku   kaku.
“Baiklah.   Mau   kuantar?”
“Aku   ada   mobil.”
Ia    menahan    tanganku    saat    aku    hendak    berdiri.    “Ita,    aku    tahu    semuanya
berbeda   sekarang.   Tapi,   kalau   kau   tidak   keberatan,   bisakah   kita   bertemu
lagi   sekali-sekali   selama   aku   di   sini?   Aku   perlu   teman   yang   bisa
mengantarku   jalan-jalan   mengunjungi   galeri   dan   art   shop.”
Undangan   yang   sangat   menggoda,   yang   memenuhi   benakku   serta   merta   dengan
masa   lalu   dan    janji   akan   sesuatu   yang   lebih   istimewa    lagi,   kalau   saja
aku   bisa   mengucapkan   ya.
Pram   membaca   keraguanku   dan   sesaat   sorot   matanya   meredup.
“Kita   bisa   jalan-jalan   bertiga,   kau,   Idan   dan   aku,”   katanya.   “Aku   tidak
punya   banyak   teman   di   sini.”
“    Aku    pikir-pikir    dulu,”    jawabku    cepat-cepat,    sebelum    hatiku    dikuasai
kehausan   untuk   berlama-lama   dengan   Pram.


Pram   merogoh   sakunya   dan   mengeluarkan   sebuah   kartu   nama.   Di   belakangnya
ia   menuliskan   sederet   nomor.   “Hubungi   aku   kalau   kau   bersedia.   Aku
menunggu.”
Malamnya   aku   berbaring   di   kamar,   menatap   kartu   itu   lekat-lekat   seperti
gadis    belia    yang    sedang    m    abuk    kepayang.    Aku    bukan    remaja    lagi    dan
seharusnya   aku    lebih   bisa   menguasai    diriku   sendiri.    Tapi   aku   tak    bisa
membohongi     hatiku     sendiri.     Kehadiran     Pram     membangunkan     lagi     semua
harapan   dan    khayalan   yang   kukira    telah   lama    lenyap.   Tapi   masih    adakah
kemungkinan   antara   aku   dan   Pram?   Ia   mengira   dan   aku   telah   meyakinkannya,
kalau    aku    telah    menikah    dan    segalanya    telah    berakhir.    Yang    ia    tidak
ketahui,   pernikahanku   dengan   Idan   hanya   sebuah   permainan   yang   bisa   kusud
ahi    kapanpun    aku    mau.    Tapi,    kalau   pun    ia    tahu,    apakah    segalanya    akan
berbeda?   Apa   pendapatnya   kalau   aku   menceritakan   semua   padanya?
Aku    ingin    tidak    memikirkan    Pram    lagi.    Apa    yang    kuharapkan    bersamanya
mustahil    terjadi.    Tapi,    hidup    dengan    Idan    seperti    ini    selamanya    juga
tidak   mungkin.   Semua   ini   hanya   sandiwara   yang   akan   berakhir,   cepat   atau
lambat.    Apakah    kembalinya    Pram    suatu    kesempatan    kedua    yang    semestinya
kuraih   karena   mungkin   tidak   akan   pernah   ada   lagi?   Tapi   bagaimana?
Kiriman   bunga   kedua   datang   dua   hari   kemudian.
Aku   memikirkanmu.
Tahukah   ia   bahwa   aku   pun   tak   bisa   menghapuskan   senyum,   mata,   wajah   dan
suaranya   dari   benakku?
Kotak   mawar   yang   ketiga   datang   di   akhir   pekan.
Maaf   kalau   kau   menganggapku   lancang   karena   terus   mencintaimu.   Tapi
bisakah   kau   menghentikan   badai?
Aku   tak   bisa.   Aku   bahkan   tak   kuasa   membendung   gemuruh   di   hatiku   sendiri
.   Aku   ingin   bersamanya,   selamanya.   Dan   itu   mustahil.
Sore   itu,   sebelum   aku   pulang,   kutekan   nomor   yang   sudah   kuhapal   di   luar
kepala   itu.   “Kalau   kau   ada   waktu,   kita   bisa   melihat   pameran   lukisan   di
galeri   baru   dekat   kantorku.”
“Kau   yang   menentukan   apa   aku   punya   waktu   atau   tidak,   Ita.”
Dan    esok    harinya    kuhabis    kan    bersama    Pram,    mendiskusikan    lukisan    dan
benda   seni,   sesuatu   yang   lama   ingin   kuulangi   lagi.   Aku   tak   bisa
memungkiri         betapa        menyenangkannya         bercakap-cakap         dengan        Pram,
membicarakan    seribu    satu    hal    yang    tak    pernah    kusinggung    saat    bersama
Idan.   Setelah   lama   membicarakan   masalah   seni   rupa,   Pram   tiba-tiba
bertanya.
“Kenapa   kau   menikah   dengan   Idan?”
“Kenapa   kau   bertanya?”
“Seingatku,   ia   bukan   tipemu.”   Aku   tertunduk.
“Kenapa,   Ita?”
“Idan   mencintaiku   ,”   bisikku   pelan.
“Apa   kau   mencintainya.”

Kebisuanku   memberinya   jawaban.
“Apa   kau   bahagia?”   lanjutnya   lirih.
Kutatap   matanya   yang   teduh   dan   hangat.   “Ya.”
“Jangan   berbohong.”
“Idan   suami   yang   baik.”
“Tapi   apa   kau   bahagia?”
Bagaimana   mengatakan   bahwa   aku   tidak   pernah   merasa   sebahagia   saat   itu,
melewatkan   waktu   bersamanya?
“Berapa   lama   kau   menikah   dengan   Idan?”
“Setahun.”
“Maaf   kalau   ini   menyinggung   perasaanmu.   Tapi   apa   kau   menikahinya   karena
terpaksa?   Karena   usia   dan….”
“Stop.”
Aku   bangkit   dan   meninggalkannya.
Maafkan   aku   kalau   perasaanmu   terluka   karena   pertanyaanku.   Tapi   bisakah
kau   renungkan   perasaanku   sendiri?   Bagaimana   hatiku   tersiksa   ketika   tahu
pernikahan   tidak   membuatmu   bahagia?
Kartu   itu   bergetar   di   tanganku   dan   tulisannya   kabur   dalam   genangan   air
mataku.
“Ita,”    tanya    sekretarisku    yang,    entah    kapan,    telah    memasuki    ruangan.
“Ada   apa?”
“Tidak    apa-apa,”    bisikku,    mencoba    mengendalikan    diri.    “Tolong    keluar
sebentar.   Aku   harus   menelepon   Idan.”
Begitu    ia    keluar,    dengan    sangat    enggan    kudial    nomor    kantor    Idan.    Aku
tiba-tiba   sadar   bahwa   sejak   menikah   dengannya   aku   tak   lagi   pernah
mengadu   dan   bertanya   kepadanya   tentang   segala   hal   yang   menyangkut   hati
dan    perasaan.    Dan    kini,    aku    tahu    aku    sangat    membutuhkan    masukannya,
seperti   dulu,   sebelum   ia   menjadi   suami   simulasiku.
“Idan.”
“Upit?   Ada   apa   pagi-pagi   begini?”
“Aku   ….   Kau   tahu   …,   ”   aku   terbata.   Bagaimana   mulai   menceritakan   kepada
suamiku   --   walaupun   hanya   simulasi   --   bahwa   aku   sedang   dirundung
kasmaran   kepada   lelaki   lain?   Idan   tidak   akan   marah,   aku   tahu.   Dia   tidak
berhak   untuk   itu.   Tapi   itu   tidak   membuat   segalanya   mudah.   Ia   bukan   lagi
sekadar   seorang   sahabat   tempat   curahan   keluh   kesah   dan   semua   masalahku.
Ia   adalah   suamiku,   simulasi   atau   bukan   sekalipun.   Dan   menceritakan   hal
seperti   kartu   dari   Pram   dan   bunga   mawar   putihnya   terasa   sangat   tidak   pa
ntas   dan   kejam   untuk   dilakukan.
  
“Ya?”   desak   Idan.
“Aku....   Idan,   kau   kenal   Indri,   kan?”
“Sekretarismu?   Tentu.”
“Bekas   pacarnya   yang   pilot   itu   kembali.”
“Lalu?”
“Sekarang    mereka    sering    bertemu.    Suami    Indri    tidak    tahu,    tentu.    Tapi
sekarang   Indri   bingung.   Ia   mengaku   jatuh   cinta   lagi   dengan   bekas
pacarnya   itu.   Dan   si   bekas   pacar   ini   pun   ingin   menikahi   Indri.”
“Tapi   Indri   sudah   punya   anak   dua   kan?”
“Ya.   Tapi   menurut   si   pilot   ini,   anak   bukan   masalah.   Mereka   boleh   memilih
untuk   tinggal   dengan   siapa.”
“Lalu   apa   hubungannya   semua   itu   denganmu?”
Aku   menghela   napas.   “Indri   bertanya   apa   yang   mesti   dia   lakukan.   Aku   tak
bisa   menjawab.”
“Dan   kau   bertanya   pada   pak   gurumu.   Baik.   Eh!   Tunggu   sebentar,”   meskipun
ia    menutup    mikrofon    telepon,    aku    bisa    mendengarnya    berteriak    kepada
seseorang    di    ujung    sana,    “Tunggu    sebentar,    ini    istriku!    Ya,    mulailah
dulu.    Aku    menyusul.”    Istriku.    Aku    istrinya.    Istrinya.    Dan    jantungku
rasanya   melesak   ke   dalam   bumi.
“Maaf.    Mereka    benar-benar    tidak    bisa    apa-apa    tanpaku    …,”    suara    Idan
kembali   di   telepon.
“Karena   kau   yang   membuatkan   kopi?”
“Kau!”   ia   tertawa,   lalu   segera   kembali   serius.   “…Kupikir   Indri   dan
pacarnya      terlalu      egois.      Mereka      tidak      bisa      lagi      hanya      memikirkan
keinginan    mereka    sendiri.    Ada    suami    Indri    dan    anak-anaknya    yang    juga
harus   diperhitungkan.”
“…Tapi   kalau   Indri   tidak   bahagia   lagi   menikah   dengan   suaminya,   apa
perkawinan   itu   harus   dan   bisa   dipertahankan?”
“Sebaiknya   kau   tanya   Indri,   apa   dia   benar-benar   mencintai   bekas   pacarnya
itu,   atau   mereka   hanya   terpesona   dengan   nostalgia   masa   lalu?   Apa   mereka
benar-benar      saling      membutuhkan      atau      mereka      hanya      ingin      mengulang
keindahan     masa     pacaran     mereka     dulu?     Kalau     hanya     itu     yang      mereka
inginkan,   mereka   akan   kecewa   kalau   terus   bersama,   karena   Indri   dan
pacarnya   sudah   jadi   orang-orang   yang   berbeda,   sudah   lebih   dewasa,   bukan
lagi   remaja   yang   masih   hijau.”
“Indri   bilang   dia   hanya   mencintai   lelaki   itu,   bukan   suaminya.   Ia   tidak
pernah   mencintai   suaminya.”
“Kalau   begitu   kenapa   dulu   ia   menikah?”
“Keadaan.”
“Maksudnya?”

“Adik-adiknya     sudah     ingin     menikah     semua,     tapi     orang     tuanya     tidak
mengizinkan   karena   mereka   tidak   mau   Indri   dilangkahi.”
“Astaga.   Kasihan   sekali.”
“Jadi   bagaimana?”
Idan   diam   sejenak.   “Aku   tidak   tahu,   Pit.   Yang   aku   tahu,   aku   tidak   mau
jadi   penyebab   ketidakbahagiaan   seseorang.   Kalau   aku   sarankan   Indri   untuk
meninggalkan    pacarnya,   siapa    tahu    ia    tidak   akan    pernah    bahagia    karena
merasa   terpaksa   terus   bersama   suaminya.   Kalau   ia   meninggalkan   suaminya,
aku   juga   tidak   menjamin   ia   akan   bahagia   dengan   orang   yang   hanya
mengenalnya   di   permukaan,   tidak   utuh,   seperti   suaminya.”
“Lantas   aku   mesti   bilang   apa?”
“Sampaikan   saja    petuahku   ini   kepada    Indri.   Bilang    saja   ini   saran    dari
pakar   pernikahan   kelas   dunia   yang   reputasinya   tidak   diragukan   lagi.”
“Kau   sama   sekali   tidak   membantu,”   desahku.
“Ini   bukan   keran   bocor   atau   teve   rusak   yang   bisa   diperbaiki   begitu   saja,
Pit.    Sedangkan    memperbaiki    teve    rusak    saja    aku    menyerah,    jangan    lagi
mengurusi   rumah   tangga   orang.”
“Bodohnya   lagi,   aku   bertanya   kepadamu.”
“Itulah,    Pit.    Aku    sendiri    heran    kenapa    aku    mau    membuang    waktuku    dan
terpaksa   terlambat   ikut   rapat   untuk   memberimu   saran   yang   tak   berguna.”
Aku   tertawa   pahit.   “Ya,   sudah.   Pergilah   buat   kopi   sekarang.   Terima   kasih
untuk   saran   dan   waktumu.”
“Sama-sama.   Oh!   Bosku   ke   sini.   Aku   harus   pergi.   I   love   you,   Darling!”   ia
berteriak.   Lalu   kudengar   suaranya,   sedikit   jauh   dari   telepon.   “Iya,   Pak,
sebentar.   Istri   saya   ….”
Kututup   telepon,   tiba-tiba   merasa   begitu   dingin   dan   sendiri.

0 komentar

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog kami.
Dan di mohon komentarnya. demi perkembangan blog ini ke depannya....