Hidup adalah Apa yang Kamu Jalani Hari Ini

Kemarin adalah Pelajaran dan Esok Adalah Sebuah Harapan.

Categories

Setelah Kau Menikahiku Part 2

Sebulan   pertama   Upit   berusaha   mengerti   kebiasaan   Idan   menghabiskan   akhir
pekan     dengan     memancing.     Di     minggu     kelima     dia     protes,     dan      mereka
bertengkar.   Pertengkaran   terhebat   yang   pertama.



Cerita   lalu:
Tiga   hari   pertamaku   sebagai   istri   Idan   —-simulasi-—   kulewatkan   di
rumahku   sendiri.   Tiga   hari   berikutnya   dilewatkan   di   rumah   Idan,   karena
kondisi   ibunya,   yang   memang   telah   sangat   lama   sakit,   memburuk;   mungkin
karena    ketegangan    yang    disebabkan    persiapan    acara    pernikahanku    dengan
Idan.    Pada    hari    ketujuh    kami    pindah   ke    rumah    milik    Idan    sendiri.    Dan
setelah   seharian   menata   perabotan,   memasang   tirai   dan   beragam   pajangan,
malam   itu   kami   lewati   dengan   tidur.
Esok   paginya,   aku   terbangun   karena   mendengar   suara-suara   di   dapur.   Aku
menemukan   Idan   di   sana,   sedang   mendadar   telur,   seme   ntara   di   atas   meja
terhidang   nasi   goreng   dan   sepoci   kopi   yang   harumnya   menggoda.
“Aku   ada   rapat   pukul   setengah   delapan,”   seru   Idan   sambil   membalik   dadar
telurnya.   “Aku   mesti   berangkat   sebelum   setengah   enam.”
Ku   cicipi   nasi   goreng   buatannya.   “Aku   tidak   tahu   kau   pintar   memasak.”
“Pramuka,”    komentar   Idan    ter    senyum.    Diletakkannya   telur    di    atas    meja
dan   ia   duduk   untuk   sarapan.   “Aku   juga   pandai   tali-temali,   semafor,
menjahit.”
“Percaya,   percaya.   Kalau   kau   mau   menangani   urusan   masak,   aku   akan
memperbaiki   keran   dan   genting   bocor,   plus   membabat   rumput.”
Idan    terbahak.   “Ini    hanya    sekali-sekali,    Pit.   Aku    tidak    mungkin    masak
setiap   pagi.”
“Apalagi   aku   .   Kita   perlu   cari   pembantu.”
“Jangan,”   Idan   menggeleng.   “Ia   pasti   curiga   kalau   melihat   kita   tidur   di
kamar   berbeda.”
“Jadi?”
Idan      menggaruk      kepalanya.      “Bisakah      kau      masak      nasi      tiap      hari?”
pintanya.“Aku   punya   rice   cooker.”
Kutatap    wajahnya.   Dalam    hati    aku    berpikir,   haruskah?    Ini    hanya    sebuah
permainan.   Tidakkah   Idan   akan   jadi   besar   kepala   kalau   aku   mematuhinya?
Tapi   di   lain   pihak,   kalau   aku   benar-benar   ingin   tahu   bagaimana   rasanya
jadi    seorang    istri,    mungkin    ada    baiknya    aku    mengikuti    keinginannya.
“Kalau   kau   mau   membawakan   lauk   dan   sayur   bergantian   denganku,   baik.”
Ia   tersenyum    dan   beranjak   dari    meja   dan    kembali   dengan   sebuah    bolpoin
merah.    Dilingkarinya    tanggal    hari    itu    di    kalender    yang    tergantung    di
dinding   dapur.
“Hari      pertama      kita      menyelesaikan      suatu      masalah      dengan      musyawarah
keluarga,”   katanya   saat   kembali   ke   kursinya.

“Masih     banyak     detil-detil     seperti     ini     yang     mesti     kita     sepakati,”
lanjutnya.   “Misalnya,   aku   ingin   kau   beri   tahu   aku   kalau   kau   akan   pulang
terlambat.”
Dahiku   berkerut.   “Untuk   apa?”
“Apa   kau   tidak   melapor   kepada   orang   tuamu   kalau   kau   akan   pulang
terlambat?”
Aku   menggeleng.   “Ibuku   sudah   percaya   bahwa   aku   bisa   menjaga   diriku
sendiri   dan   tidak   akan   melakukan   hal-hal   yang   bodoh.”
“Tapi   aku   suamimu.    Simulasi   memang.   Aku   perlu   tahu   kenapa    dan   di   mana
kau   kalau   pulang   terlambat.”
“Kau   kedengaran   seperti   diktator.”
“Kurasa   aku   tidak   minta   terlalu   banyak.”
“Itu   terlalu   banyak   untukku.”
Idan    meletakkan   sendoknya    dan    menatapku    dengan   mata    menyala.    Aku    lupa
kapan   terakhir   kali   aku   melihatnya   marah.   Tapi   aku   yakin   aku   tak   salah
membaca   gelagatnya   kali   ini.   Ia   benar-benar   marah.
“Ingat,”   lanjutku   hati-hati.   “Aku   bukan   benar-benar   istrimu.   Kau   tidak
punya   hak   untuk   mengaturku   seperti   itu.”
Ia   menunduk   lama   sekali,   tangannya   terkepal,   buku-buku   jarinya   memutih.
Dan   ruang   makan   itu   menjadi   sangat   sunyi   senyap.   “Baik.   Kalau   itu   maumu”
desisnya   kemudian.
Kami   melanjutkan   sarapan   dalam   diam.   Aku   ingin   mengatakan   bahwa   aku   sama
sekali    tidak    menduga    permainan    itu    akan    membuat    persahabatanku    dengan
Idan    memburuk.    Tapi    aku    tak    berani    mengungkapkan    itu.    Aku    yakin    Idan
akan   semakin   berang   karenanya.
Idan    meninggalkan   meja    tanpa    mengatakan    apa-apa   dan    pergi    ke    kamarnya
untuk   bersiap-siap   ke    kantor.   Tak   lama   ia   kembali   menemui    ku   di   ruang
makan.   “Aku   pergi,   Pit,”   katanya   dingin.
Aku     bangkit     dari     meja     menghampirinya     ,     berniat     untuk     memperbaiki
situasi.   “Sebagian   teman-temanku   menyarankan   ini,”   ujarku   sambil   mer   aih
tangan    kanan   Idan    dan    menempelkannya    di   bibirku.    “Kupikir    ada    baiknya
kucoba.   Oh,   ya.   Mereka   bilang   kau   harus   mencium   keningku.”
Ia    membungkuk    dan    menyapu    keningku    dengan    bibirnya    yang    terkatup    dan
berlalu   tanpa   mengucapkan   apa-apa   lagi.
Dasar   tidak   tahu   terima   kasih!
ku      sengaja      pulang      terlambat      malam      itu.      Dalam      perjalanan      pulang
kusinggahi   suatu   kafe   yang   belum   pernah   kukunjungi,   sebagian   untuk
memperoleh      kesendirian      dan      sebagian      untuk      menghindari      pertanyaan-
pertanyaan    yang    pasti    diberondongkan    kawan-kawan    yang    biasa    bersamaku
menghabiskan   sore   hari.

Perasaanku    gundah.    Rasa    bersalah    dan    kesal    berkecamuk    di    dadaku.    Aku
tahu    Idan    telah    banyak    berkorban    untuk    permainan    ini.    Tapi    walau    aku
sungguh-sungguh   ingin   mempelajari   bagaimana   rasanya   menjadi   seorang
istri,    mesti    kuakui    bahwa    aku    belum    terbiasa    menganggap    Idan    sebagai
suamiku.    Bagiku,    ia    hanya    masih    seorang    sahabat.    Dan    seorang    sahabat
tidak   boleh   menuntut   terlalu   banyak.
Mataku    tertaut    pada    cincin    emas    mungil    yang    disisipkan    Idan    di    jari
manisku    selepas    akad    nikah.    Ini    hanya    permainan,    batinku.    Tapi    dalam
permainan    ini,    Idan    adalah    suamiku.    Dan    sebagai    suamiku,    tuntutannya
wajar.    Kalau    aku    lantas    tidak    suka    dengan    keterbatasannya,    itu    hanya
satu   pelajaran   pertama   dari   permainan   ini.
Kupejamkan    mataku    dan    kutarik    napas    dalam-dalam.    Aku    benci    kekalahan.
Tapi   kali   ini   aku   mengalah,   bukan   kalah.   Aku   akan   belajar   satu   hal   dari
semua    ini.    Bagaimana    mengesampingkan    keakuan    dan    memilih    kebersamaan.
Getir   memang.    Aku   yakin   Idan    akan   menertawaiku.    Kalau   ia   tidak    marah-
marah   dulu.
langkah    terkejutnya   aku    mendapati    rumah    gelap   dan    kosong.    Sudah    pukul
setengah   dua   belas   malam   dan   Idan   belum   pulang?
Kucoba      menghubungi      ponselnya      dan      hanya      mendapati      mailbox.      Dengan
menggunakan    berbagai    tipu    daya,    memperhitungkan    lemahnya    kondisi    ibu
mertuaku   ,   kutelepon   rumahnya.   Aku   bahkan   mencoba   mengontak   kantornya,
tanpa   hasil.   Idan   tidak   ada   di   mana-mana.
Inikah   balasannya   atas   penolakanku   tadi   pagi?   Kekanak-kanakan   sekali!
Tapi   tak   urung,   dengan   melarutnya   malam,   aku   jadi   semakin   cemas.   Apalagi
hingga    pagi    Idan    tidak    kembali.    Ia   bahkan    tidak    pergi    ke    kantor.    Aku
minta   izin   pulang   setengah   jam   lebih   awal   dengan   dalih   yang   dibuat-buat.
Tapi   saat   aku   tiba   di   rumah,   Idan   tetap   tidak   ada.   Malam   itu   kulewatkan
di   sisi   telepon,   berpikir   untuk   menghubungi   polisi   dan   rumah   sakit.
Pukul   tiga   telepon   berdering.   Bermacam-macam   kengerian   terlintas   di   be-
nakku   saat   aku   mengangkat   receiver.
“Upit?”
“Idan?”   jeritku.   “Kau   di   mana?”
“Pit,    aku    minta    maaf    karena    marah   dan    minggat    begitu    saja.    Boleh    aku
pulang?”
“Idan,    ini    rumahmu!”    meskipun    aku    tersenyum,    air    mata    kelegaan    mulai
meleleh   di   pipiku.   “Kau   di   mana?”
“Di   luar.”
“Di   luar   rumah?”
“Ya.   Dan   aku   lapar.”
“Oh,   Tuhan….”
Aku   lari   ke   luar   rumah.   Di   gerbang   kulihat   Idan   berdiri   di   sisi
mobilnya.   Entah   sudah   berapa   lama   ia   di   sana.

“Kau    keterlaluan!    Aku    sudah    berpikir    untuk    menelepon    kantor    polisi!”
teriakku   kepadanya.
“Aku   juga   rindu   kepadamu!”   balas   Idan   tertawa.   Dan   mataku   rasanya
semakin   perih   melihat   tawanya   lagi.
“Di   mana   saja   kau   dua   hari   ini?”
“Di   hotel   kecil   dekat   kantor.”
Ia   baru   saja   menghabiskan   piring   ketiga   sop   buntut   kesukaannya.   Ia   tidak
berkomentar     ketika     melihat     bahwa     aku     sudah     membeli     semua     makanan
kegemarannya.   Ia   hanya   makan   dua   kali   lebih   lahap.
“Kenapa   kau   akhirnya   memutuskan   untuk   pulang?”   suaraku   bergetar.
“Aku   perlu   baju   bersih,”   ia   tertawa   malu.   “Laundri   hotel   mahal   sekali.”
Saat   ia   mencuci   piring   makannya,   dengan   punggungnya   ke   arahku,   ia
menyambung,   ”Selain   itu   ,   aku   khawatir   karena   kau   sendirian   di   sini.”
Dan   dadaku   tiba-tiba   terasa   ngilu.
“Aku   akan   pulang   terlambat   besok,”   ucapku   perlahan.   “Aku   harus   lembur.
Dikejar   deadline.”
Ia    berhenti    membilas    piring    dan    aku    tahu    ia    berbalik    menatapku.    Tapi
mataku   terpaku   pada   es   krim   di   hadapanku.
“Oke,”   katanya.   “Kau   keberatan   kalau   aku   makan   malam   duluan?”
“Asal   kau   sisakan   cukup   untukku,”   aku   tersenyum.
Paginya   kulihat   lingkaran   merah   kedua   di   kalender.
Aku   bisa   mentolerir   kebiasaan   Idan   membiarkan   koran   yang   telah   dibacanya
berserakan    di   ruang    tamu.    Aku    bisa   memaklumi    kegemarannya    nonton    film
action    —-genre    yang    paling    tidak    kuminati,    dan    sepak    bola—-    olahraga
yang   menurutku   amat   membosankan.   Aku   bahkan   bisa   memaafkan   kebiasaannya
mengeluarkan    pas   ta    gigi    dengan    memencet   bagian    tengah    tubenya,    tidak
dari   bawah   seperti   yang   biasa   kulakukan.
Hanya    satu    yang    aku    belum    sanggup    terima.    Caranya    menghabiskan    akhir
pekannya.   Setiap   Minggu   pagi   ia   berangkat   sebelum   pukul   enam   untuk
bermain    sepak    bola    dengan    teman-temannya,    dan    sorenya,    sekitar    pukul
setengah    empat,    ia    pergi    memancing.    Untukku    yang    selalu    menghabiskan
waktu    luang    dengan    pergi    dari    satu    galeri    ke    galeri    lain,    dari    satu
pameran   lukisan   ke   yang   lain,   dari   mal   ke   mal,   dan   berakhir   dengan   acara
makan-ma   kan,    kebiasaan   Idan   itu    sama   sekali    tidak   bisa   kupahami.    Aku
tak   sanggup   menontonnya   main   bola   atau   menemaninya   memancing,   karena   aku
dengan   sangat   cepat   akan   mera   sa   jemu.
Sebulan    pertama    aku    berusaha    mengerti    .    Ia    selalu    pulang    dengan    mata
berbinar   hingga   aku   tak   tega   mengeluh   dan   protes.   Tapi   di   pekan   kelima
kesabaran   kutandas,    dan   pagi   itu,    saat   ia    tengah   memasukkan   botol    air
minum   dan   kotak   rotinya   ke   dalam   tas,   aku   memintanya   untuk   tidak
memancing.

“Temani   aku   jalan-jalan   ke   mal   sore   ini,”   pintaku.
“Kau   kan   bisa   pergi   sendiri,”   katanya   sambil   memasukkan   kaus   bersih   dan
handuk   kecil.
“Seingatku   kau   berjanji   untuk   selalu   menggandeng   tanganku   ke   mana   pun.”
“Aku    tidak    bisa    mangkir    memancing    hari   ini,    Pit,”    ia    masih    tetap    tak
memandang   ke   arahku,   sibuk   dengan   sepatu   bolanya.   “Aku   sudah   janji
dengan   kawan-kawanku   untuk   mencoba   tempat   memancing   baru.”
“Kau   bisa   mencobanya   minggu   depan.”
“Tadi   malam   tidak   ada   bulan,   Pit.   Ikan-ikan   akan   sangat   rakus   hari   ini,
”   ia   tersenyum   sambil   melompat-lompat   dengan   sepatu   bola   barunya.   “Aku
bias   memecahkan   rekor   sepuluh   kilo   sore   nanti!”
“Minggu   depan   voucher   diskon   salonku   sudah   tidak   berlaku   lagi,”   gumamku.
“Pakai   voucher   dariku   saja,”   sahutnya   ringan   sambil   mulai   lari-lari   di
tempat.   “Berapa   diskon   yang   kau   dapat   dengan   voucher   itu?   Kalau   kuberi
lima   belas   ribu   cukup?”
“Idan!   Itu   hanya   cukup   untuk   beli   minum   selama   di   salon.”
“Aku   bisa   cukur    rambut   plus   dipijit   plus   minum   kopi    dengan   lima   belas
ribu.”
“Oh,   Tuhan!”
Idan    berhenti    berlari-lari    dan    berdiri    di    hadapanku    dengan    tangan    di
pinggang.   “Pit,   kau   sudah   cantik   begini.   Tidak   perlu   ke   salon   lagi.”
“Aku   sudah   cukup   yakin   dengan   kecantikan,   terima   kasih.   Yang   aku   butuh
cuma   keluar   dari   rutinitas   harianku,   dan   aku   memilih   melakukannya   dengan
jalan-jalan.”
“Jadi?   Apa    yang   kau   tunggu?    Pergilah.   Aku    tidak   melarangmu.   Kalau    kau
bawakan   aku   oleh-oleh,   aku   akan   lebih   tidak   keberatan.”   “Ini   bukan
masalah   kau   melarang   atau   tidak,   Dan.   Apa   enaknya   jalan-jalan   sendirian?
Aku   perlu   teman.”
“Kalau   begitu   ajaklah   teman-temanmu.”
“Sudah.   Mereka   punya   acara   sendiri-sendiri.   Dengan   suami-suami   mereka.”
Idan   mengerutkan   keningnya.   “Kau   mau   melewatkan   hari   Minggu   denganku?”
“Ya!”
“Kenapa   tidak   bilang    dari   tadi.   Tentu   saja   kau   boleh    ikut   ke   lapangan
sepak   bola   lagi.   Aku   akan   senang   kalau   kau   ada   di   sana.”
“Idan!”    jeritku.    “Kau    ini    buta,    tuli    atau    imbesil    sih?    Kau    tahu    aku
benci   sepak   bola   dan   lebih   benci   lagi   memancing!”
Mata   Idan   menyipit.   “Dan   kau   tahu   aku   alergi   jalan-jalan   ke   mal,”
desisnya.

“Kupikir   sudah   waktunya   kau   mengalah   sekali-sekali.”
“Mengalah!”    suaranya    meninggi.    “Apa    aku    masih    kurang    mengalah    selama
ini?   Pit,   kau   sudah   menyita   enam   kali   dua   puluh   empat   jam   waktuku   ,   apa
kau   tidak   bisa   memberiku….”
“Enam   kali   dua   puluh   empat?   Enam   kali   dua!   Kita   hanya   benar-benar
bertemu    dan    bicara    satu    jam     saat    sarapan    dan    satu    jam    waktu    makan
malam!”
“Kita   bisa   mengobrol   lebih   banyak   kalau   kau   mau   lebih   banyak   melewatkan
waktu   denganku!    Tapi   tidak!   Kau    lebih   memilih    mengurung   diri   di    kamar
dengan   Pavarotti   dan   Flamingo.…”
“Placido    Dom    ingo!    Maaf,    Dan,    waktuku    terlalu    berharga    untuk    dipakai
menyaksikan    orang-orang   saling    membunuh    tiap    dua   menit    atau    dua    puluh
dua   orang   memperebutkan   satu   bola   kulit!”
“Setidak-tidaknya   itu   lebih   jujur   dan   bisa   dimengerti   dari   film-filmmu
yang   becek   air   mata   itu!”
“Kau   kekanak-kanakan!”
“Dan   kau,   Tuan   Putri,   kau   egois!”
Ia     menyambar     tasnya     dan     melangkah     lebar-lebar     keluar     lewat     pintu
samping.   Aku   masuk   ke   ruang   makan   dan   membanting   pintu   di   belakangku.
Seperti       inikah       perasaan       para       istri       setelah       bertengkar       dengan
suaminya?Dadaku    sesak    dan    kepalaku    sakit.    Aku    benci    menjadi    cengeng,
tapi   air   mata   kecewa   mulai   membuat   mataku   pedih.   Aku   sama   sekali   tidak
mengira    sesuatu    seperti    ini    terjadi    padaku.    Aku    tahu    Idan    melakukan
semua    ini,    simulasi    ini,    untukku,    tapi    selama    ini    aku    tidak    pernah
menuntut   apa   pun   darinya.   Sebaliknya,   aku   telah   berkorban   banyak   sekali
sejak   aku   menikah   —-simulasi—-   dengannya,   mengurangi   jadwal   clubbing-ku,
pulang     dari     kantor     sesegera     mungkin,     memperhitungkan     apa     ia     akan
menyukai   makanan   yang   kubeli.   Apa   ia   telah   berbuat   sama   banyaknya
untukku   ?   Tidak!
Kubuka   lemari   es   dan   kukeluarkan   satu   kotak   es   krim   cokelat   kesukaanku.
Pagi   itu   kulewatkan   di   depan   televisi,   menyaksikan   film   melankolis,   air
mataku   kubiarkan   meleleh   tanpa   henti,   dan   sekotak   es   krim   itu   pun   habis
tanpa   terasa.
Idan   kembali   pukul   setengah   sebelas,   masih   cemberut.   Ia   langsung   mandi
dan   tak   lama   kemudian   kembali   ke   ruang   duduk   sudah   rapi   dengan   t-shirt
dan   celana   jins.
“Kalau    kau    mau    ke    mal,    aku    sarankan    kau    mandi    dan    dandan    sedikit,”
katanya.
“Aku   tidak   mau   pergi   ke   mal.”
“Kau   bilang   tadi   pagi….”
“Aku   tidak   mau   merepotkanmu.   Aku   tidak   mau   kau   gatal-gatal   karena
alergimu   kumat.”
  
“Upit,   kalau   kita   tidak   pergi   se   karang,   kita   bisa   pulang   terlalu   sore.
Aku   ada   janji   jam   empat….”
“Aku    bilang    aku    tidak    mau    ke    mal!    Kau    bisa    pergi    memancing    sekarang
kalau   kau   mau.”
“Jangan   seperti   anak   kecil   begini,   Pit,”   geramnya.   “Ayo!”
“Tidak!   Dan   kalau   kau   marah   dan   mau   minggat   seperti   dulu   lagi,   silakan!”

0 komentar

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog kami.
Dan di mohon komentarnya. demi perkembangan blog ini ke depannya....