Hidup adalah Apa yang Kamu Jalani Hari Ini

Kemarin adalah Pelajaran dan Esok Adalah Sebuah Harapan.

Categories

Obat Ketika Merindukan Si Dia

Tak   bisa   disangkal,  manusia   akan   selalu  bersentuhan   dengan   cinta.  Sementara   kecintaan
memberikan buah kerinduan. Orang yang mencinta akan rindu kepada orang yang dicintainya.

Kerinduan  kepada  kekasih,  seringkali  membekaskan  duka.  Karena  sudah  tahu  bahwa  pacaran
bukanlah jalan yang halal untuk ditempuh, maka nikahlah satu-satunya yang jadi pilihan. Padahal si
pria belum mampu memberi nafkah lahir. Wanita pun masih muda dan dituntut oleh orang tua untuk
menyelesaikan sekolah atau meraih gelar. Akhirnya, karena tidak kesampaian untuk nikah, maka
pacaran terselubung sebagai jalan keluar karena tidak kuat menahan rasa rindu pada si dia. Lewat
chatting, inbox FB atau sms jadi jalur alternatif.

Inilah yang dialami pemuda masa kini. Mungkin juga dialami para aktivis dakwah. Agar dikira tidak
melalui pacaran, maka sms dan chatting yang jadi pilihan. Seharusnya rasa rindu ini bisa dipendam
dengan melakukan beberapa kiat yang akan kami utarakan1. Semoga Allah senantiasa memberi
taufik.

Terapi dari Rasa Rindu dengan Segera Nikah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Wahai para pemuda, barangsiapa yang memiliki baa-ah2, maka menikahlah. Karena itu lebih akan
menundukkan  pandangan  dan  lebih  menjaga  kemaluan.  Barangsiapa  yang  belum  mampu,  maka
berpuasalah karena puasa itu bagai obat pengekang baginya.”3


1 Kiat-kiat ini kami olah dari pembahasan Majalah Elfata, edisi 02, volume 05, tahun 2005.
2
Nawawi, 5/70, Mawqi’ Al Islam.


Yang dimaksud dengan syabab (pemuda) di sini adalah siapa saja yang belum mencapai usia 30
tahun. Inilah pendapat ulama-ulama Syafi’iyah.4

Secara bahasa, baa-ah bermakna jima’ (berhubungan suami istri). Sedangkan mengenai makna
baa’ah dalam hadits di atas terdapat ada dua pendapat di antara para ulama, namun intinya kembali
pada satu makna.

Pertama: makna baa-ah adalah sebagaimana makna secara bahasa yaitu jima’. Sehingga makna
hadits adalah barangsiapa yang mempunyai kemampuan untuk berjima’ karena mampu memberi
nafkah                               nikah,      maka      menikahlah.      Barangsiapa     yang      tidak      mampu      berjima’      karena
ketidakmampuannya memberi nafkah, maka hendaklah ia memperbanyak puasa untuk menekan
syahwatnya dan untuk menghilangkan angan-angan jeleknya.

Pendapat kedua: makna baa-ah adalah kemampuan memberi nafkah. Dimaknakan demikian karena
konsekuensi  dari  seseorang  mampu  berjima’,  maka  tentu  ia  harus  mampu  memberi  nafkah.
Sehingga  makna  hadits  adalah  barangsiapa  yang  telah  mampu  memberi  nafkah  nikah,  maka
hendaklah  ia  menikah.  Barangsiapa  yang  tidak  mampu,  maka  berpuasalah  untuk  menekan
syahwatnya.

Jadi maksud dari dua pendapat ini adalah sama yaitu harus punya kemampuan untuk memberi
nafkah. Sehingga inilah yang menjadi syarat seseorang (khususnya pria) untuk membina rumah
tangga dengan kekasih pilihan, yaitu ia memiliki kemampuan untuk memberi nafkah keluarga. Hal
ini yang banyak disalahpahami sebagian pemuda. Mereka ngebet minta nikah pada ortunya. Padahal
sesuap nasi saja masih ngemis pada ortunya. Hanya Allah yang memberi taufik.

Dari   sini,   barangsiapa   yang   memiliki   kemampuan,   maka   segeralah   untuk   menikah   guna
memadamkan rasa rindu yang ada. Menikah di sini tidak mesti dengan orang yang selalu dirindukan.
Boleh jadi, juga dengan orang lain. Karena nikah telah mencukupkan segala kebutuhan jiwa di
samping dalam nikah akan ditemui banyak keberkahan. Jika memungkinkan menikah dengan orang
yang dirindukan, maka menikahlah dengannya. Ini merupakan terapi manjur.

Berusaha untuk Ikhlas dalam Beribadah

Ikhlas adalah obat manjur penyakit rindu. Jika seseorang benar-benar ikhlas menghadapkan diri pada
Allah, maka Allah akan menolongnya dari penyakit rindu dengan cara yang tak pernah terbetik di
hati sebelumnya. Cinta pada  Allah dan  nikmat  dalam beribadah akan  mengalahkan  cinta-cinta
lainnya.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan, “Sungguh, jika hati telah merasakan manisnya ibadah
kepada Allah dan ikhlas kepada-Nya, niscaya ia tidak akan menjumpai hal-hal lain yang lebih manis,

3 HR. Bukhari no. 5065 dan Muslim no. 1400.
4 Lihat Syarh Muslim, 5/70.


lebih indah, lebih nikmat dan lebih baik daripada Allah. Manusia tidak akan meninggalkan sesuatu
yang dicintainya, melainkan setelah memperoleh kekasih lain yang lebih dicintainya. Atau karena
adanya sesuatu yang ditakutinya. Cinta yang buruk akan bisa dihilangkan dengan cinta yang baik.
Atau takut terhadap sesuatu yang membahayakannya.”

Hati yang tidak ikhlas akan selalu diombang-ambingkan nafsu, keinginan, tuntutan serta cinta yang
memabukkan.  Keadaannya  tak  beda  dengan  sepotong  ranting  yang  meliuk  ke  sana  kemari
mengikuti arah angin.

Banyak Memohon pada Allah

Setiap do’a yang kita panjatkan pasti akan bermanfaat. Boleh jadi do’a tersebut segera dikabulkan
oleh Allah. Boleh jadi sebagai simpanan di akhirat. Boleh jadi dengan do’a kita tadi, Allah akan
menghilangkan kejelekan yang semisal.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda
نَأ امِإو ُوُتوعد ُوَل لجعُ نَأ امِإ ثَلاَث ىدحِإ اَبِ ُوَّللا ُهاَطعَأ َّلاِإ محر ُةعيطَق َلاو ثِْإ اهيِف سيَل ةوعدِب وُعدَي مِلسم نم ام«

 
»رَكَأ ُوَّللا « لاَق. رِكُن ًاذِإ اوُلاَق  اهَلثم ءوسلا نم ونع فرصَ ُنَأ امِإو رخلآا فِ وَل اىرخدَ
Tidaklah  seorang  muslim  memanjatkan  do’a  pada  Allah  selam  tidak  mengandung  dosa  dan
memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: [1] Allah
akan segera mengabulkan do’anya, [2] Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan [3]
Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.” Para sahabat lantas mengatakan, Kalau
begitu kami akan memperbanyak berdo’a. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allahu
akbar (Allah Maha besar).”5

Ketika seseorang berada dalam kesempitan dan dia bersungguh-sungguh dalam berdo’a, merasakan
kebutuhannya pada Allah, niscaya Allah akan mengabulkan do’anya. Termasuk di antaranya apabila
seseorang memohon pada Allah agar dilepaskan dari penyakit rindu dan kasmaran yang terasa
mengoyak-ngoyak hatinya. Penyakit yang menyebabkan dirinya gundah gulana, sedih dan sengsara.
Oleh karena itu, perbanyaklah do’a.

Memenej Pandangan

Pandangan yang berulang-ulang adalah pemantik terbesar yang menyalakan api hingga terbakarlah
api dengan kerinduan. Orang yang memandang dengan sepintas saja jarang yang mendapatkan rasa
kasmaran. Namun pandangan yang berulang-ulanglah yang merupakan biang kehancuran. Oleh


5 HR. Ahmad no. 11149, 3/18, dari Abu Sa’id. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini jayyid (bagus).
Syaikh Musthofa Al ‘Adawi mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.



karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kita untuk menundukkan pandangan
agar hati ini tetap terjaga. Dari Jarir bin Abdillah, beliau mengatakan,
ىرِ صَ َب فَ رِ صْ َأ نْ َأ نِِرَمََأَف ةَِءاجَ فُْلا رَِظَن نْ عَ -ملسو ويلع للها ىلص- وَِّللا لَوسُ رَ تُ ْلَأسَ
“Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang pandangan yang cuma selintas
(tidak sengaja). Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepadaku agar aku
segera memalingkan pandanganku.”6

Mujahid mengatakan,


 
وَّللا بح ثروُي وَّللا مراَمَ نع رصَبْلا ضغ
“Menundukkan pandangan dari berbagai hal yang diharamkan oleh Allah, akan menimbulkan rasa
cinta pada Allah.”7 Berarti menahan pandangan dari wanita yang bukan mahrom akan menimbulkan
rasa  cinta  pada  Allah.  Menundukkan  pandangan  yang  dimaksud  di  sini  ada  dua  macam  yaitu
memandang aurat sesama jenis dan memandang wanita yang bukan mahram.

Tiga faedah dari menundukkan pandangan telah disebutkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.8

Pertama: Akan merasakan manis dan lezatnya iman. Barangsiapa meninggalkan sesuatu karena
Allah, Dia akan memberi ganti dengan yang lebih baik.

Kedua: Akan memberi cahaya pada hati dan akan memiliki firasat yang begitu cemerlang.

Ketiga: Akan lebih menguatkan hati.

Lebih Giat Menyibukkan Diri

Dalam situasi kosong kegiatan biasanya seseorang lebih mudah untuk berangan memikirkan orang
yang ia cintai. Dalam keadaan sibuk luar biasa berbagai pikiran tersebut mudah untuk lenyap begitu
saja. Oleh karena itu, untuk memangkas kerinduan seseorang hendaknya menyibukkan diri dengan
hal-hal yang bermanfaat baik untuk dunia atau akhirat. Hakikat dari rasa rindu adalah kesibukan hati
yang kosong. Di kala sepi sendiri, tanpa aktivitas muncullah bayangan sang kekasih, wajah, gerak-
gerik, dan segala yang berkaitan dengannya. Seluruhnya hanya sekedar bayangan dan khayalan
yang berakhir dengan kesedihan diri. Tiada manfaatnya sedikit pun bagi kehidupan kita.

Ibnul Qayyim menyebutkan nasehat seorang sufi yang ditujukan pada Imam Asy Syafi’i. Ia berkata,

6 HR. Muslim no. 2159.
7 Majmu’ Al Fatawa, 15/394, Darul Wafa’, cetakan ketiga, tahun 1426 H
8 Majmu’ Al Fatawa, 15/420-426




لِ طِ اَبلاِب كَ تَْلَغَتشْ ا َّلاِإوَ قِّ َلحاِب اهَ تَْلَغشْ َأ نْ ِإ كَ سُ فْ َنوَ
Jika dirimu tidak tersibukkan dengan hal-hal yang baik (haq), pasti akan tersibukkan dengan hal-hal
yang sia-sia (batil).”9

Menghindari Nyanyian dan Film Percintaan

Nyanyian dan film-film percintaan memiliki andil besar untuk mengobarkan kerinduan pada orang
yang dicintai. Apalagi jika nyanyian tersebut dikemas dengan mengharu biru, mendayu-dayu tentu
akan menggetarkan hati orang yang sedang ditimpa kerinduan. Akibatnya rasa rindu kepadanya
semakin memuncak, berbagai angan-angan yang menyimpang pun terbetik dalam hati dan pikiran.
Bila demikian, sudah layak jika nyanyian dan tontonan seperti ini dan secara umum ditinggalkan.
Demi  keselamatan  dan  kejernihan  hati.  Sehingga  sempat  diungkapkan  oleh  beberapa  ulama
nyanyian adalah mantera-mantera zina.

Ibnu  Mas’ud  mengatakan,  Nyanyian  menumbuhkan  kemunafikan  dalam  hati  sebagaimana  air
menumbuhkan sayuran.

Fudhail bin Iyadh mengatakan, Nyanyian adalah mantera-mantera zina.

Adh Dhohak mengatakan, Nyanyian itu akan merusak hati dan akan mendatangkan kemurkaan
Allah.10

Imam Asy Syafi’i berkata, Nyanyian adalah suatu hal yang sia-sia yang tidak kusukai karena nyanyian
itu  adalah  seperti  kebatilan.  Siapa  saja  yang  sudah  kecanduan  mendengarkan  nyanyian,  maka
persaksiannya tertolak.11

Bayangkan Kekurangan Si Dia

Ingatlah selalu, orang yang engkau rindukan bukanlah pribadi yang sempurna. Ia sangat banyak
kekurangan, sehingga tidak layak untuk dipuja, disanjung atau senantiasa dirindukan. Orang yang
dirindukan sebenarnya tidak seperti yang dikhayalkan dalam lamuman.

Ibnul Jauzi berkata, “Sesungguhnya manusia itu penuh dengan najis dan kotoran. Sementara orang
yang dimabuk cinta senantiasa melihat kekasihnya dalam keadaan sempurna. Disebabkan cinta ia
tidak lagi melihat adanya aib.”




9 Al Jawabul Kafi, Ibnu Qayyim Al Jauziyah, hal. 109, Darul Kutub Al ‘Ilmiyah
10 Lihat Talbis Iblis, 289, Asy Syamilah
11 Talbis Iblis, 283

0 komentar

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog kami.
Dan di mohon komentarnya. demi perkembangan blog ini ke depannya....