Hidup adalah Apa yang Kamu Jalani Hari Ini

Kemarin adalah Pelajaran dan Esok Adalah Sebuah Harapan.

Categories

Ku Pinang Kau dengan Hamdallah Part 3




Wanita Boleh Menawarkan Diri
Ada  empat  wanita  yang  mulia  di  surga,  salah  satunya  adalah  Khadijah  bin
Khuwailid. Kelak dari rahimnya yang suci, lahir salah seorang wanita utama lainnya,
yaitu  Fathimah  az-Zahra.  Keduanya  adalah  orang  yang  paling  dicintai  Rasulullah
Muhammad Saw. Yang pertama adalah istri beliau, sedang yang kedua adalah ummu

abiha (ibu yang melahirkan bapaknya). Begitu Rasulullah menjuluki.
Sangat besar rasa cinta Rasulullah kepada Khadijah. Sampai-sampai Aisyah, istri
Nabi yang paling dicintai di antara istri-istri lain sesudah Khadijah, merasa sangat
cemburu.   Shahih   Bukhari   dan   Shahih   Muslim   menceritakan   bahwa   Aisyah
mengatakan, “Tidak pernah aku merasa cemburu kepada seorang pun dari istri-istri
Rasulullah  seperti  kecemburuanku  terhadap  Khadijah.  Padahal  aku  tidak  pernah
melihatnya.  Tetapi  Rasulullah  seringkali  menyebut-nyebutnya.  Jika  ia  memotong
seekor kambing, ia potong-potong dagingnya, dan mengirimkannya kepada sahabat-
sahabat Khadijah.
Maka aku pun berkata kepadanya, ‘Sepertinya tidak ada wanita lain di dunia ini
selain Khadijah...!’
Maka  berkatalah  Rasulullah,  ‘Ya,  begitulah  ia,  dan  darinyalah  aku  mendapat
anak.’“

Dalam suatu riwayat dikisahkan, suatu saat Aisyah merasa cemburu, lalu berkata,
“Bukankah ia hanya seorang wanita tua dan Allah telah memberi gantinya untukmu
yang lebih baik daripadanya? Maka beliau pun marah sampai berguncang   rambut
depannya. Lalu  beliau berkata, ‘Demi Allah! Ia tidak memberikan ganti untukku yang
lebih baik daripadanya. Khadijah   telah beriman   kepadaku   ketika   orang-orang
masih kufur, ia membenarkanku ketika orang-orang mendustakanku, ia memberikan
hartanya  kepadaku  ketika  manusia  yang  lain  tidak  mau  memberiku,  dan  Allah
memberikan kepadaku anak darinya dan tidak memberiku anak dari yang lain.’
Maka  aku  berkata  dalam  hati,  “Demi  Allah,  aku  tidak  akan  lagi  menyebut
Khadijah dengan sesuatu yang buruk selama-lamanya.”
Pernikahan  Khadijah  dengan  Rasulullah  Saw.  adalah  yang  paling  indah  dan
penuh barakah. Pernikahan yang seagung ini justru berawal dari inisiatif Khadijah. Ia
mengusulkan pernikahan kepada Muhammad Saw., menurut riwayat, dengan mahar
yang berasal dari hartanya.
Ia menolak menikah dengan raja-raja, para bangsawan, dan para hartawan yang
meminangnya,  tetapi  ia  lebih  menyukai  Muhammad  yang  miskin  dan  yatim.  Ia
mencari suami yang agung, kuat, berkepribadian tinggi, dan berjiwa bersih. Dan itu
ada pada Muhammad. Ia terkesan dengan Muhammad.
Ketika  hatinya  terpikat  betul,  ia  meminta  Maisarah  yang  menjadi  pembantu
dekatnya untuk memperhatikan gerak-gerik dan tingkah-laku Muhammad dari dekat.
Laporan Maisarah kelak mendorong Khadijah menawarkan dirinya kepada beliau.
Khadijah mengungkapkan kepada Muhammad, “Wahai Muhammad, aku senang
kepadamu  karena  kekerabatanmu  dengan  aku,  kemuliaanmu  dan  pengaruhmu  di
tengah-tengah kaummu, sifat amanahmu di mata mereka, kebagusan akhlakmu, dan
kejujuran bicaramu.”
Setelah  melalui  proses  peminangan  yang  agung,  Khadijah  kemudian  menikah
dengan  Muhammad.  Abu  Thalib  menyampaikan  khotbah  nikah  mewakili  pihak
pengantin laki-laki. Sedang pihak pengantin perempuan diwakili oleh Waraqah bin
Naufal  dengan  khotbah  yang  fasih  dan  memikat.  Kelak,  Allah  mengaruniakan
keturunan, salah satunya wanita agung Fathimah Az-Zahra.
Menikah merupakan sunnah yang diagungkan oleh Allah. Al-Qur’an menyebut
pernikahan  sebagai  mitsaqan-ghalizha  (perjanjian  yang  sangat  berat).  Mitsaqan-
ghalizha adalah nama dari perjanjian yang paling kuat dihadapan Allah. Hanya tiga
kali  Al-Qur’an  menyebut  mitsaqan-ghalizha.  Hanya  untuk  tiga  perjanjian  Allah
memberi  nama  mitsaqan-ghalizha.  Dua  perjanjian  berkenaan  dengan  tauhid,  yaitu
perjanjian Allah dengan Bani Israel yang untuk itu Allah mengangkat bukit Thursina
ketika  mengambil  sumpah.  Sedang  yang  lain  adalah  perjanjian  Allah  dengan  para
Nabi  ulul-azmi,  Nabi  yang  paling  utama  di  antara  para  Nabi.  Dan,  pernikahan
termasuk perjanjian yang oleh Allah digolongkan sebagai mitsaqan-ghalizha. Allah
menjadi saksi ketika seseorang melakukan akad nikah. Wallahua’lam bishawab.


Setiap      jalan      menuju      mitsaqan-ghalizha        dimuliakan       oleh      Allah.      Islam
memberikan penghormatan yang suci kepada niat dan ikhtiar untuk menikah. Nikah
adalah masalah kehormatan agama, bukan sekedar legalisasi penyaluran kebutuhan
biologis dengan lawan jenis. Islam memperbolehkan kaum wanita untuk menawarkan
dirinya kepada laki-laki yang berbudi luhur, yang ia yakini kekuatan agamanya, dan
kejujuran amanahnya menjadi suaminya. Dan Khadijah adalah teladan pertama bagi
wanita yang bermaksud untuk menawarkan diri.
Sikap menawarkan diri menunjukkan ketinggian akhlak dan kesungguhan untuk
mensucikan diri. Sikap ini lebih dekat kepada ridha Allah dan untuk mendapatkan
pahala-Nya.   Yakinlah,   Allah   pasti   akan   mencatatnya   sebagai   kemuliaan   dan
mujahadah  (perjuangan)  suci.  Tidak  peduli  tawarannya  itu  diterima  atau  ditolak,
terutama kalau ia tidak memiliki seorang wali. Demikian saya mencatat dari buku
Memilih Jodoh dan Tatacara Meminang dalam Islam karya Husein Muhammad
Yusuf (GIP, Jakarta, 1995).
Insya-Allah,  jika  sikap  menawarkan  diri  dilakukan  dengan  ketinggian  sopan-
santun, tidak akan menimbulkan akibat kecuali yang maslahat. Seorang laki-laki yang
memiliki  pengetahuan  mendalam  pasti  akan  meninggikan  penghormatan  terhadap
mujahadah       saudaranya.       Tidak       akan       merendahkan       wanita       yang       menjaga
kehormatannya   seperti   ini,   kecuali   laki-laki   yang   rendah   dan   tidak   memiliki
kehormatan kecuali sekedar apa yang disangkanya sebagai kebaikan.
Seorang  laki-laki  insya-Allah  akan  sangat  hormat,  setia,  dan  menaruh  kasih-
sayang mendalam jika ia menerima tawaran wanita shalihah untuk menikahi. Mudah-
mudahan   Allah   menambahkan   kemuliaan   dalam   keluarganya   dan   memberikan
keturunan  yang  meninggikan  derajat  orangtua  di  hadapan  Allah.  Kalau  terhalang
untuk menerima tawaran, insya-Allah pada diri laki-laki akan tumbuh rasa hormat,
segan, dan respek terhadapnya.
Sungguh, saya sangat hormat kepada mereka yang berani bermujahadah. Kepada
mereka,  saya  ingin  menyampaikan  salam  hormat  saya.  Semoga  Allah  memberi
pertolongan dan ridha-Nya kepada kita semua sampai kelak Allah mengumpulkan di
akhirat.  Mudah-mudahan  Allah  ‘Azza  wa  Jalla  mengumpulkan  mereka  bersama
Khadijah di Al-Haudh. Allahumma amin. Ya Allah ini hamba-Mu memohon kepada-
Mu.
Saya ingin membahas masalah ini lebih lanjut, mengingat pentingnya masalah
ini.  Sedang  sikap  seperti  ini  merupakan  sikap  terhormat  yang  dimuliakan.  Tetapi
untuk lebih baik dan tuntasnya, insya-Allah akan saya tuliskan dalam buku tersendiri.
Saat ini cukuplah dengan melihat contoh-contoh lain yang tercatat dalam sejarah.
Imam  Bukhari  menceritakan  cerita  dari  Anas  r.a.  Ada  seorang  wanita  yang
datang  menawarkan  diri  kepada  Rasulullah  Saw.  dan  berkata,  “Ya,  Rasulullah!
apakah Baginda membutuhkan daku?”
Putri  Anas  yang  hadir  dan  mendengar  perkataan  wanita  itu  mencela  sebagai
wanita yang tidak punya harga diri dan rasa malu, “Alangkah sedikit rasa malunya.
Sungguh memalukan, sungguh memalukan.”


Anas berkata kepada putrinya itu, “Dia lebih baik darimu. Dia senang kepada
Rasulullah Saw., lalu menawarkan dirinya untuk beliau!” (HR Bukhari).
Rabi’ah  binti  Ismail  Asy-Syamiyah,  istri  Ahmad  bin  Abu  Al-Huwari  --murid
Abu Sulaiman Ad-Darani, seusai menunaikan shalat Isya’, berhias lengkap dengan
busananya. Setelah itu ia mendekati tempat tidur suaminya. Ia menawarkan kepada
suaminya, “Apakah malam ini engkau membutuhkan kehadiranku atau tidak?”
Jika  suaminya  berhasrat  untuk  menggaulinya,  ia  melayani  sampai  suaminya
mencapai  kepuasan.  Kalau  malam  itu  suaminya  sedang  tidak  berminat,  maka  ia
menukar pakaian yang dikenakan tadi dan berganti dengan pakaian lain yang biasa
digunakan  untuk  beribadah.  Malam  itu,  ia  tenggelam  di  tempat  shalatnya  hingga
subuh.
Rabi’ah  adalah  salah  satu  istri  Ahmad  bin  Abu  Al-Huwari.  Suatu  hari,  ia
memasak  makanan  yang  enak.  Masakan  itu  diberi  campuran  aroma  yang  harum.
Setelah  masak  dan  menyantap  makanan  itu,  Rabi’ah  berkata  kepada  suaminya,
“Pergilah ke istrimu yang lain dengan membawa tenaga baru.”
Sebelum menikah dengan Ahmad bin Abu Al-Huwari, Rabi’ah telah menikah
dengan seorang suami yang kaya. Sesudah kematian suaminya, ia memperoleh harta
waris yang sangat besar. Ia kesulitan menasharufkan (membelanjakan) hartanya demi
kepentingan  Islam  dan  diberikan  kepada  orang  yang  membutuhkan.  Ia  melihat
Ahmad   bin   Abu   Al-Huwari   sebagai   orang   yang   dapat   menjalankan   amanah.
Sementara itu, Rabi’ah sendiri seorang perempuan yang adil.
Maka,   ia   meminang   Syekh   Ahmad   bin   Abu   Al-Huwari   agar   berkenan
memperistri dirinya. Ketika mendapatkan pinangan Rabi’ah, Syekh Ahmad berkata,
“Demi Allah, sesungguhnya aku tidak berminat lagi untuk menikah. Sebab aku ingin
berkonsentrasi dalam beribadah.”
Rabi’ah   menjawab,   “Syekh   Ahmad,   sesungguhnya   konsentrasiku   dalam
beribadah  lebih  tinggi  daripada  kamu.  Aku  sendiri  sudah  memutuskan  keinginan
untuk  tidak  menikah.  Tetapi  tujuanku  menikah  kali  ini  tidak  lain  agar  dapat
menasharufkan harta kekayaan yang kumiliki kepada saudara-saudara yang muslim,
dan untuk kepentingan Islam sendiri. Aku pun mengerti bahwa kamu adalah seorang
yang shalih. Tetapi, justru dengan begitu aku akan memperoleh keridhaan dari Allah
Swt.”
Ahmad   bin   Abu   Al-Huwari   tidak   segera   memberikan   jawaban.   Ia   perlu
mengkonsultasikan  dulu  dengan  Abu  Sulaiman  Ad-Darani,  gurunya.  Memperoleh
penjelasan dari Syekh Ahmad, Ad-Darani berkata, “Baiklah, kalau begitu nikahilah
dia. Karena perempuan itu adalah seorang wali”.
Bagi  banyak  wanita,  mengajukan  tawaran  secara  langsung  barangkali  sulit
dilakukan karena kendala-kendala psikis. Bisa juga untuk lebih menjaga kehormatan.
Jika menghadapi yang demikian, Anda bisa menyampaikan niat Anda melalui orang
lain yang dapat dipercaya (tsiqah), terutama orangtua jika masih ada.

Orangtua juga bisa mengambil inisiatif untuk menawarkan anak gadisnya kepada
laki-laki  yang  telah  dikenal  akhlaknya.  Umar  bin  Khaththab  r.a.,  ayah  Hafshah,
adalah salah satu contoh.
Imam Bukhari meriwayatkan, Umar bin Khaththab berkata:
Saya datang kepada Utsman bin Affan, menawarkan Hafshah kepadanya. Lalu
Utsman berkata, “Nantilah, saya akan pikirkan dulu!”
Pada waktu itu istri Utsman bin Affan, Sayyidatina Ruqaiyyah binti Rasulullah
Saw. meninggal dunia ketika perang Badar berkobar. Dan Utsman diperintahkan oleh
Nabi untuk mengurus istrinya. Beberapa malam kemudian, Utsman berjumpa dengan
saya dan berkata, “Saya pikir, pada waktu ini saya belum berminat untuk kawin.”
Setelah itu, saya pergi menawarkan putriku  kepada Abu Bakar, “Kalau kau mau,
saya  akan  menikahkan  engkau  dengan  Hafshah!”  Abu  Bakar  diam  dan  tidak
menjawab tawaran saya. Saya sangat marah dan kurang senang dengan sikapnya yang
berbeda dengan Utsman, meski Ustman juga menolak anakku.
Beberapa  malam  kemudian,  Hafshah  dipinang  oleh  Rasulullah  Saw.  Beliau
sudah mengobati luka hati saya karena penolakan kedua sahabatku itu. Tiba-tiba Abu
Bakar  datang  dan  menemuiku  sambil  berkata,  “Mungkin  kau  marah  dan  kurang
senang kepada saya. Ketika kau menawarkan Hafshah, saya diam dan tidak menjawab
sepatah pun!”
Saya jawab, “Ya, benar.”
Lalu   Abu   Bakar   melanjutkan,   “Sebenarnya   saya   ingin   sekali   menerima
tawaranmu itu. Tetapi sebelum engkau menawarkan Hafshah kepadaku, aku sudah
mendengar  Nabi  Saw.  menyebut-nyebut  untuk  meminangnya.  Dan  aku  tidak  mau
membuka rahasia beliau kepadamu. Namun, jika beliau tidak jadi menikahinya, tentu
akan saya terima tawaranmu itu dengan senang hati.” (Shahih Bukhari).
Kita tinggalkan dulu kisah pernikahan Ummul Mukminin Hafshah r.a. dengan
manusia utama, Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa ‘alaa `alihi wasallam.
Insya-Allah  kita  bisa  melanjutkan  lagi  dengan  kisah-kisah  lain  yang  kemudian
melahirkan keturunan pilihan. Misal, pernikahan orangtua ‘Abdullah bin Mubarok. Ia
sangat terkenal di kalangan para ulama, shalihin, ahli zuhud dan para ilmuwan. Ia
lahir dari pernikahan anak gadis Nuh bin Maryam dengan Mubarok, budaknya yang
jujur.
Kita  bisa  melanjutkan  ke  kisah-kisah  lainnya.  Tetapi  saya  kira,  Anda  bisa
menemukan sendiri kisah-kisah demikian di berbagai buku. Sekarang, marilah kita
tutup  bab  ini  dengan  memohon  kepada  Allah  mudah-mudah  kita  tidak  dimatikan
oleh-Nya  dalam  keadaan  membujang.  Mudah-mudahan  Allah  memperbaiki  akhlak
kita  yang  masih  penuh  maksiat  ini.  Semoga  Allah  mengaruniakan  kepada  kita
keturunan yang memberi bobot kepada bumi dengan kalimat laa ilaha illaLlah.


Sesudahnya,  bagi  para  orangtua  maupun  akhwat  yang  sedang  menghadapi
pinangan   (atau,   sedang   bersiap   menghadapi   pinangan),   mari   kita   lanjutkan
pembicaraan ke bab dua Mempertimbangkan Pinangan.
Sedang bagi ikhwan yang telah memiliki hasrat, atau sempat jatuh hati, jika telah
memenuhi syaratnya silakan mendatangi orangtuanya secara resmi. Menikah secara
resmi. Menantikan saatnya tiba yang kadang prosesnya tak mudah, tetapi sering juga
sangat   sederhana.   Di   sinilah   indahnya   mujahadah.   Semoga   Allah   menjadikan
pendamping kita termasuk wanita shalihah yang penuh barakah, dan darinya lahir
keturunan yang hukma-shabiyya rabbi radhiya (memiliki kearifan semenjak kecil dan
diridhai Allah).
Allahumma amin.  Ya Allah, kabulkanlah do’a kami.


0 komentar

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi Blog kami.
Dan di mohon komentarnya. demi perkembangan blog ini ke depannya....